Terbit: 1 September 2018 | Diperbarui: 30 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Anda memiliki keluhan sakit pinggang sebelah kanan? Tenang, Anda tidak sendiri. Sakit pinggang sebelah kanan merupakan keluhan yang bersifat umum untuk dialami banyak orang dewasa. Nyeri pinggang ini bisa disebabkan berbagai hal dan memiliki beberapa gejala.

Sakit Pinggang Sebelah Kanan: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Meskipun tidak perlu merasa khawatir tetapi sakit pinggang sebelah kanan ini perlu segera diatasi. Oleh karena itu, baca terus untuk mengetahui lebih jauh tentang sakit pinggang sebelah kanan termasuk pengertian, penyebab, gejala, dan pengobatan sakit pinggang sebelah kanan.

Apa itu sakit pinggang sebelah kanan?

Sakit pinggang atau yang biasa dikenal dengan istilah lumbago adalah kondisi medis di mana terdapat rasa nyeri di bagian pinggang. Pinggang sering juga disebut punggung bagian bawah. Oleh karena itu, nyeri pinggang atau lumbago juga disebut low back pain.

Bagian pinggang memang ada di sekitar area punggung bagian bawah yang sedikit menyamping. Jadi, sakit pinggang sebelah kanan adalah rasa nyeri yang ada di bagian pinggang sebelah kanan.

Fungsi pinggang

Sebelum masuk pada informasi penyebab sakit pinggang sebelah kanan, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu informasi terkait fungsi pinggang. Pinggang atau punggung bawah memiliki sejumlah fungsi yang cukup penting untuk menunjang tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Pinggang memiliki fungsi menopang berat tubuh. Saat berdiri, pinggang menopang berat tubuh bagian atas. Selain itu, fungsi pinggang juga bisa untuk melindungi perut, organ pelvis, sumsum tulang belakang, dan jaringan lunak yang ada pada sistem syaraf.

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Pada umumnya, alasan utama sakit pinggang sebelah kanan adalah terlalu sering menggunakan punggung bagian bawah dan mengangkat beban berat secara tiba-tiba.

Baca juga: Awas, Kurang Minum Bisa Memicu Sakit Pinggang

Namun, pada beberapa kasus, penyebab sakit pinggang sulit ditentukan. Hal ini membuat penentuan penyebab nyeri pinggang sulit diketahui sekalipun sudah dilakukan serangkaian tes medis sehingga sering disebut sebagai sakit pinggang tidak spesifik.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang telah diketahui:

1. Adanya masalah lumbal

Masalah lumbal yang ada pada bagian ligamen, tendon, atau otot punggung bawah bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Orang yang memiliki gangguan lumbal baik yang bersifat akut maupun kronis akan memiliki regangan pada otot dan ligamen.

Otot dan ligamen yang meregang akan menjadi robek. Hal ini biasanya disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan.  Gangguan lumbar telah dianggap sebagai salah satu penyebab umum sakit pinggang sebelah kanan yang biasa terjadi pada orang usia 40-an.

2. Saraf tulang belakang yang teriritasi

Saraf yang ada di tulang belakang bisa saja teriritasi akibat adanya penyakit atau tekanan mekanis oleh tulang. Iritasi saraf bisa memicu peradangan saraf oleh infeksi virus, penyakit radiculopathy, dan perambahan tulang.

3. Stenosis spinal

Stenosis spinal adalah kondisi di mana tulang belakang mengalami penyempitan. Stenosis spinal biasanya disebabkan oleh degenerasi cakram di antara tulang belakang. Tulang belakang yang menyempit ini akan menekan sumsum dan saraf tulang belakang.

Tekanan pada saraf tulang belakang pun akan menyebabkan beberapa gejala seperti kram, mati rasa, dan kelemahan. Orang-orang yang yang menderita stenosis tulang belakang akan memiliki kondisi yang lebih parah ketika ia berdiri atau berjalan.

4. Tulang belakang abnormal

Tulang belakang yang abnormal juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Beberapa contoh keabnormalan tulang belakang di antaranya seperti kyphosis, skoliosis, dan lordosis.

Skoliosis, kifosis, dan lordosis akan menyebabkan lengkungan yang tidak normal di bagian tulang belakang. Lengkungan yang abnormal akan menekan otot, tendon,dan ligamen sehingga menimbulkan rasa sakit pinggang sebelah kanan.

5. Cidera tulang dan sendi

Biasanya orang lansia sering mengalami sakit pinggang sebelah kanan. Hal ini karena tulang mereka cukup rentan untuk patah dan mulai terjadi osteoporosis. Tulang atau sendi yang mengalami cidera ceperti patah tulang bisa menyebabkan nyeri yang cukup parah.

6. Kondisi lain

Masih banyak hal yang menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Beberapa penyebab nyeri pinggang yang lain adalah arthritis, masalah ginjal, masalah ovarium, kehamilan, tumor, dan shingles. Kondisi medis tersebut bisa menjadi penyebab lain dari sakit pinggang sebelah kanan.

Gejala sakit pinggang sebelah kanan

Sakit pinggang sebelah kanan memiliki beberapa gejala. Gejala nyeri pinggang sangat dipengaruhi oleh penyebabnya. Anda perlu mengetahui informasi mengenai gejala-gejala sakit pinggang sebelah kanan.

Pada umumnya, gejala sakit pinggang sebelah kanan ditandai dengan adanya nyeri di pinggang. Selain dari gejala utama tersebut, ada beberapa gejala sakit pinggang yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa gejala sakit pinggang sebelah kanan:

  • pusing
  • ruam
  • linu panggul
  • nyeri sendi
  • sakit perut
  • kelelahan
  • kesemutan
  • penurunan berat badan
  • keterbatasan gerakan tulang
  • rasa seperti terbakar saat buang air kecil
  • ketidakmampuan untuk berjalan tanpa rasa sakit
  • atrofi (penurunan ukuran) otot ekstremitas bawah

Anda perlu segera mencari bantuan medis terdekat apabila mengalami beberapa gejala di bawah ini:

  • Demam
  • Perasaan tertekan
  • Ada darah dalam urin
  • Peradangan punggung
  • Inkontinensia urin atau tinja
  • Adanya radang atau bengkak pada kaki
  • Rasa nyeri pada kedua kaki.

Pengobatan sakit pinggang sebelah kanan

Pengobatan sakit pinggang sebelah kanan biasanya dimulai dari menghilangkan gejala umum yaitu rasa sakit atau nyeri. Ada beberapa faktor yang memengaruhi pengobatan untuk kasus sakit pinggang sebelah kanan. Faktor-faktor yang memengaruhi pengobatan nyeri pinggang adalah usia, berat badan, tingkat aktivitas dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa variasi pengobatan sakit pinggang sebelah kanan:

1. Perawatan rumahan

Cara pengobatan tahap pertama untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan adalah dengan melakukan beberapa perawatan di rumah. Perawatan rumahan ini bisa membantu Anda untuk mengatasi sakit pinggang selama 3 hari sejak mulai merasakan nyeri.

Gunakanlah kompresan es untuk diletakkan di bagian pinggang Anda selama 2-3 hari pertama sejak merasakan sakit pinggang sebelah kanan. Setelah itu, beralihlah untuk mengompres dengan air hangat. Selama melakukan perawatan rumahan, janganlah melakukan aktivitas berlebih.Selain itu, Anda perlu mandi dengan air hangat dan juga terapi pijat. Perawatan ini bisa mengendurkan otot-otot yang kaku di bagian pinggang. Apabila Anda ingin berbaring, berbaringlah dengan posisi lutut ditekuk dan gunakanlah bantal di antara kedua kaki Anda.

Baca juga: Sering Sakit Pinggang? Atasi dengan 4 Makanan ini!

2. Pengobatan medis

Apabila selama 3 hari pertama tidak ada perbaikan kondisi nyeri pinggang setelah Anda melakukan perawatan rumahan maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan perawatan medis.

Dokter Anda akan mendiagnosis penyebab sakit pinggang agar bisa memberikan tindakan medis yang tepat untuk mengobati nyeri pinggang. Dokter akan menentukan jenis obat beserta dosis yang tepat untuk mengatasi rasa sakit pinggang sebelah kanan.

Ada beberapa obat yang biasa diresepkan dokter untuk menghilangkan rasa nyeri seperti aspirin, parasetamol, acetaminophen (Tylenol), dan ibuprofen (Advil, Motrin IB), untuk menghilangkan rasa sakit.

3. Pengobatan lain

Kedua jenis pengobatan untuk mengobati sakit pinggang sebelah kanan telah disebutkan, yaitu perawatan rumahan dan pengobatan medis. Ada beberapa cara pengobatan lain yang bisa dilakukan, yaitu seperti akupunktur, terapi fisik seperti peregangan ringan, chiropractic, dan operasi


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi