Sakit Perut Sebelah Kanan Belum Tentu Usus Buntu

nyeri-perut-bawah-wanita-doktersehat

DokterSehat.Com– Jika sampai mengalami sakit perut bagian kanan, kebanyakan orang akan langsung berpikir jika hal ini disebabkan oleh peradangan usus buntu. Memang, salah satu gejala dari peradangan usus buntu adalah sakit perut di bagian kanan, tepatnya kanan bawah, namun ternyata ada beberapa penyakit lainnya yang juga menyebabkan gejala sakit perut bagian kanan.

Menurut pakar kesehatan, gejala dari radang usus buntu adalah nyeri perut yang sangat intens. Nyeri ini diawali di sekitar pusar dan menjalar hingga ke bagian kanan bawah. Satu hal yang pasti, kondisi ini harus segera diperiksakan ke dokter karena bisa berdampak fatal. Biasanya, penderita masalah radang usus buntu harus menjalani operasi untuk mengatasinya.

Gangguan pencernaan yang disebabkan oleh terlalu banyak minum kopi atau mengonsumsi makanan asam ternyata juga bisa menyebabkan sensasi nyeri pada bagian kanan atau atas perut. Biasanya, kondisi ini akan hilang dengan sendirinya, namun jika sampai dua minggu kondisi ini terus terjadi atau bahkan semakin parah, bisa jadi gangguan pencernaan yang terjadi lebih serius sehingga harus diperiksakan ke dokter.

Bisa jadi nyeri perut bagian kanan ini ternyata menandakan kondisi batu ginjal. Sebagai informasi, salah satu gejala dari penyakit ini adalah sensasi nyeri pada punggung bagian bawah, tepatnya di sisi kanan. Hanya saja, ada sebagian penderita batu ginjal yang juga merasakan sensasi nyeri perut pada bagian kiri. Gejala lain dari penyakit batu ginjal adalah nyeri saat buang air kecil, mual-mual, dan muntah.

Penyakit serius lain yang bisa saja menyebabkan gejala nyeri perut bagian kanan adalah adanya kista ovarium pada kaum wanita. Jika sampai kista ini membesar, maka akan menekan bagian dalam tubuh dan akhirnya memicu datangnya rasa sakit. Gejala lain dari kondisi ini adalah demam parah dan muntah-muntah. Selain itu, kaum hawa juga harus mewaspadai kehamilan ektopik, proses pembuahan sel telur yang terjadi di luar rahim tau tuba falopi. Kondisi ini bisa menyebabkan sensasi nyeri yang luar biasa sehingga harus segera diperiksakan ke dokter.