3 Tips untuk Meredakan Sakit Perut Saat Gugup

doktersehat-sakit-perut

DokterSehat.Com– Ketika sedang melakukan aktivitas yang mengharuskan kita berhadapan langsung dengan banyak orang, seperti presentasi di kelas atau di kantor, mengikuti sebuah kontes, dan lain sebagainya, tentu kita akan merasa gugup. Akibat dari rasa gugup tersebut, terkadang menimbulkan gejala seperti tangan terasa dingin, tangan dan kaki gemetaran, keluar keringat, bahkan sakit perut.

Jika tangan dan kaki terasa gemetaran dan berkeringat saat sedang gugup, mungkin masih bisa diatasi. Namun, bagaimana jika gejala yang ditimbulkan adalah sakit perut? Hal tersebut pasti akan sangat mengganggu. AkanĀ  tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara yang bisa meredakan sakit perut saat sedang gugup, diantaranya:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat sedang gugup, biasanya asam lambung akan meningkat. Hal itulah yang menjadi penyebab mengapa Anda merasa sakit perut saat gugup. Untuk mengatasinya, Anda bisa minum satu hingga dua gelas air putih. Sebaiknya, Anda pilih air putih yang masih hangat karena dipercaya dapat mengurangi ketegangan saluran cerna. Selain itu, Anda juga bisa mengompres perut Anda dengan air hangat agar bisa membantu meredakan rasa nyeri perut saat gugup.

2. Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Adanya masalah pada saluran pencernaan juga bisa menyebabkan perut Anda terasa sakit. Ketika Anda sedang gugup, maka aliran darah ke saluran pencernaan akan berkurang sehingga menurunkan kinerja saluran cerna dalam menghancurkan makanan. Kondisi tersebutlah yang bisa menyebabkan Anda merasa sakit perut saat gugup. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti bubur, roti gandum, buah, dan sayur. Hindari makanan yang mengandung kadar lemak tinggi dan memiliki rasa pedas. Sebab, jenis makanan tersebut sangat sulit untuk dicerna.

3. Relaksasi

Cara terakhir untuk meredakan sakit perut saat gugup adalah relaksasi. Cara ini diyakini ampuh mengatasi sakit perut akibat gugup kaena dapat menyeimbangkan kadar adrenalin dan glukokortikoid dalam darah. Dengan demikian, gejala sakit perut akan mereda. Anda bisa melakukan relaksasi dengan cara mendengarkan musik, pijat, meditasi, serta mandi dengan air hangat.