Sakit Perut Bagian Atas Belum Tentu karena Maag

nyeri-perut-saat-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com– Saat mengalami sakit perut bagian atas atau di sekitar ulu hati, kebanyakan orang akan berpikir kalau ini disebabkan oleh maag atau peningkatan asam lambung. Menurut pakar kesehatan, bisa jadi hal ini disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa maag sudah terlanjur dianggap sama dengan gangguan lambung. Padahal, dalam realitanya, maag adalah kombinasi dari berbagai gejala seperti rasa nyeri pada ulu hati, perut kembung, sering sendawa, dan mual-mual.

Kebanyakan dari gejala tersebut muncul dari lambung. Hanya saja, kondisi ini bisa saja terkait dengan munculnya peradangan, adanya luka atau tumor yang ada di dalam lambung, polip, hingga gangguan pada organ-organ pencernaan lainnya seperti empedu, pankreas, dan liver.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk segera mengecek kondisi kesehatan ke dokter jika mengalami gejala sakit perut bagian atas sudah terjadi selama lebih dari dua minggu karena bisa jadi hal ini bukanlah karena maag atau gangguan lambung.

Dokter biasanya akan segera melakukan endoskopi, prosedur pemeriksaan dengan menggunakan tabung berkamera yang dimasukkan ke dalam saluran pencernaan untuk mengecek apa sebenarnya yang terjadi di dalam saluran pencernaan.

Terdapat beberapa masalah kesehatan yang bisa menjadi pemicu utama sakit perut di bagian atas. Sebagai contoh, kita bisa saja mengalami gangguan pencernaan akibat kenaikan asam lambung setelah mengonsumsi makanan pedas dan berminyak. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh tukak lambung, kondisi dimana lambung terkena luka dan peradangan dengan gejala khas berupa nyeri yang sangat parah di malam hari.

Masalah kesehatan lain yang bisa menyebabkan sakit perut bagian atas adalah irritable bowel syndrome. Biasanya, kondisi ini akan menyebabkan nyeri perut hingga enam bulan atau lebih. Kondisi ini juga menyebabkan sensasi kembung dan perubahan pola buang air besar.

Kita juga harus mewaspadai kondisi pankreatitis atau radang pada organ pankeras. Selain sakit perut bagian atas, pankreatitis juga bisa memicu rasa nyeri hingga punggung dan menyebabkan muntah-muntah.