5 Penyebab Sakit Kepala Setelah Tidur Siang

cara-menghilangkan-sakit-kepala-doktersehat
Image by Robin Higgins from Pixabay

DokterSehat.Com– Tidur siang bisa membantu menghilangkan rasa kantuk yang memang biasa muncul setelah makan siang. Selain itu, tidur siang juga bisa membantu memberikan energi baru bagi tubuh dan membuat kita lebih baik dalam berpikir dan berkonsentrasi. Hanya saja, terkadang kita justru merasakan sensasi pusing setelah bangun tidur siang. Apakah hal ini menandakan adanya kondisi yang salah?

Penyebab munculnya sakit kepala setelah tidur siang

Pakar kesehatan menyebut sakit kepala setelah tidur siang sebagai sesuatu yang wajar terjadi. Hanya saja, agar kita tidak sampai mengalaminya lagi, sebaiknya mewaspadai beberapa penyebabnya seperti sebagai berikut.

  1. Tidur siang terlalu lama

Tidur siang dalam waktu yang lama memang menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi jika kita sedang kelelahan, namun pakar kesehatan menyebut durasi tidur siang yang terlalu lama bisa meningkatkan risiko terkena sensasi pusing atau sakit kepala setelah bangun.

Hal ini disebabkan oleh tubuh yang sudah berada dalam fase tidur yang lebih dalam. Jika kita kemudian terbangun karena alarm atau hal lainnya, maka tubuh harus segera menyesuaikan diri kembali dari fase tidur yang dalam dan akhirnya menyebabkan gejala sakit kepala tersebut.

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk tidur siang selama 10 hingga 30 menit saja. Durasi singkat ini sudah cukup untuk mengembalikan energi, menghilangkan rasa kantuk, dan membuat badan terasa lebih segar untuk kembali melakukan aktivitas.

  1. Masih kurang tidur

Bukannya durasi tidur siang yang kurang, penyebab munculnya sakit kepala saat bangun dari tidur siang bisa jadi adalah kita masih kurang tidur, khususnya jika di malam sebelumnya kita tidur di waktu yang sangat larut. Tubuh masih membutuhkan waktu istirahat dan mengalami kekacauan hormon sebagai dampak dari kurang tidur. Hal ini ternyata bisa berujung pada datangnya sakit kepala.

Jika kita memang memiliki waktu luang, tak ada salahnya untuk tidur siang lebih lama demi memberikan kesempatan tubuh beristirahat dengan cukup sehingga akan terasa lebih bugar.

  1. Posisi tidur yang salah

Banyak orang yang tidur siang di sembarang tempat. Padahal, jika kita tidak berada dalam posisi yang nyaman, bisa jadi akan membuat sakit kepala saat bangun tidur siang. Selain itu, jika kita tidak menggunakan bantal yang pas, risiko terkena masalah kesehatan yang sama juga akan meningkat.

Karena alasan inilah sebaiknya kita memposisikan tubuh dengan nyaman saat melakukannya demi membuat tubuh lebih berenergi saat bangun tidur siang.

  1. Mengalami gangguan pernapasan

Jika kita mengalami masalah mendengkur atau bahkan obstructive sleep apnea, maka risiko untuk mengalami sakit kepala saat bangun tidur akan meningkat. Kondisi ini tak hanya akan terjadi saat bangun tidur siang, melainkan juga saat bangun tidur di pagi hari.

Pakar kesehatan menyebut sleep apnea sebagai kondisi yang membuat kita sampai mengalami henti napas saat tidur. Hal ini akan membuat tubuh kekurangan oksigen. Padahal, oksigen sangatlah dibutuhkan tubuh untuk menjalankan berbagai macam sistem dan fungsinya. Jika sampai kekurangan, maka akan menyebabkan gejala seperti sakit kepala atau tubuh yang pegal-pegal.

Selain sleep apnea, masalah pernapasan layaknya TBC dan enfisema juga bisa menyebabkan gejala yang sama.

  1. Mengalami bruxism

Bruxism adalah kondisi yang membuat gigi bergemeratakkan saat tidur tanpa kita sadari. Hal ini ternyata bisa membuat otot-otot pada wajah menjadi tegang dan akhirnya membuat kita merasakan sensasi sakit kepala saat bangun tidur.