Terbit: 10 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu bahan makanan yang paling sering kita gunakan adalah garam. Tak hanya bisa membuat makanan menjadi lebih lezat, garam juga bisa memberikan manfaat bagi beberapa bagian tubuh seperti saraf, otot, dan sistem pencernaan. Hanya saja, seringkali kita mengonsumsi garam dengan berlebihan sehingga bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Sering Sakit Kepala? Kurangi Makanan Ini

Dilansir dari ABC News, kebanyakan mengonsumsi garam seringkali dikaitkan dengan masalah hipertensi, penyakit jantung, hingga stroke. Yang tidak banyak orang ketahui adalah, terlalu banyak mengonsumsi garam ternyata juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Pakar kesehatan dari Food Policy, George Institute for Global Health bernama Profesor dr. Bruce Neal menyebutkan bahwa rata-rata manusia di seluruh dunia mengonsumsi 10 gram garam setiap hari atau 2 kali lipat dari rekomendasi WHO yang hanya 5 gram saja. Hal ini bisa membuat kita sering terkena sakit kepala yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

“Garam bisa meningkatkan tekanan darah dengan signifikan. Semakin tinggi tekanan darah, semakin besar kemungkinan kita terkena sakit kepala dan penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung,” ungkap Prof. Bruce.

“Jika kita menurunkan asupan garam setiap hari sesuai rekomendasi WHO, maka kita pun tidak akan mudah terkena sakit kepala.  Selain itu, risiko terkena penyakit mematikan juga menurun. Hanya saja, banyak orang yang berpikir jika menurunkan asupan garam sama saja dengan membuat makanan menjadi kurang enak. Efek garam bagi tubuh juga cenderung masih disepelekan,” lanjut Prof. Bruce.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di John Hopkins University pada 2014 silam, dihasilkan fakta bahwa jika kita mampu menurunkan asupan garam hingga 3 gram saja dalam sehari, maka risiko untuk terkena sakit kepala bisa ditekan hingga 31 persen. Hal ini disebabkan oleh menurunnya tekanan darah dan percepatan denyut nadi yang berpengaruh besar bagi kondisi kepala kita.

Melihat adanya fakta ini, jika kita sampai sering terkena sakit kepala, cobalah untuk mulai mengecek konsumsi garam harian kita.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi