Terbit: 21 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada sebuah anggapan yang dipercaya oleh masyarakat, yakni sakit kepala sebelah kiri adalah tanda dari masalah hipertensi. Sebenarnya, apakah anggapan ini sesuai dengan fakta medis?

Sakit Kepala Sebelah Kiri Tanda Hipertensi?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sakit kepala pada umumnya disebabkan oleh faktor gaya hidup seperti sedang terkena stres, kurang tidur, kebiasaan menunda waktu makan, hingga kebiasaan mengonsumsi alkohol. Bahkan, sebagian orang juga bisa mengalami sakit kepala hanya gara-gara mengonsumsi makanan dengan kandungan bahan pengawet, kacang-kacangan, atau daging olahan.

Khusus untuk sakit kepala yang muncul di bagian kiri, pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini bisa saja disebabkan oleh masalah tekanan darah tinggi. Selain sakit kepala, kondisi ini juga menyebabkan gejala lain seperti sensasi tegang yang terjadi pada leher. Yang menjadi masalah adalah, bisa jadi hal ini menandakan kondisi lain yang lebih serius seperti stroke.

Salah satu tanda stroke adalah sakit kepala ini datang dengan sangat mendadak dan tiba-tiba saja menyebabkan efek yang sangat parah. Jika penderitanya juga mengalami sensasi lemah pada satu bagian tubuh, maka ada baiknya segera dilarikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Penyebab sakit kepala pada bagian kiri yang lainnya adalah terjadinya reaksi alergi pada beberapa benda atau makanan yang membuat saluran pernapasan dan rongga sinus mengalami penyempitan. Pasokan udara  yang menurun akan berimbas pada munculnya sakit kepala.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Berbagai hal lain yang bisa menyebabkan sakit kepala di bagian kiri adalah gangguan saraf bernama trigeminal neuralgia, adanya tumor otak, dan gegar otak. Jika gejala dari sakit kepala ini cukup parah atau sering terjadi, ada baiknya kita tidak menyepelekannya dan segera memeriksakan hal ini ke dokter.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi