Terbit: 22 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahraga adalah sebuah aktivitas melatih tubuh dengan berbagai gerakan tertentu agar tubuh tetap terjaga kebugaran serta kesehatannya. OlaAda banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, mulai dari olahraga ringan hingga olahraga berat seperti angkat beban. Namun, dari semua jenis itu memiliki fungsi yang sama, yakni menjaga kesehatan.

Rutin Olahraga Kok Malah Sakit? Simak Penjelasan Ilmiahnya!

Begitulah fungsi olahraga yang dikenal oleh sebagian besar orang saat ini. Banyak yang memercayainya sehingga tak sedikit orang yang terobsesi untuk hidup sehat dengan rutin berolahraga. Namun, pada kasus lain, ada segelintir orang yang justru tidak mendapat manfaat dari aktivitas olahraganya. Bahkan, karena terlalu rutin olahraga, orang-orang tersebut malah jatuh sakit. Mengapa bisa demikian? Padahal olahraga sangat baik bagi kesehatan?

Perlu diketahui, olahraga memang baik bagi kesehatan, tapi jika dilakukan secara tepat dan wajar. Biasanya, orang yang jatuh sakit tersebut karena olahraga yang berlebihan serta memforsir tubuh. Dilansir dari laman Popsugar, orang yang sakit akibat olahraga bisa diistilahkan sebagai DOMS atau Delayed Onset Muscle Soreness.

Hal itu dikarenakan terjadinya kerusakan pada jaringan otot dan membran sel yang dibiarkan. Alhasil, kerusakan tersebut menjadi inflamasi atau peradangan. Saat sudah mengalami inflamasi, maka tubuh akan mengalami sakit yang tak terkira sebelumnya.

Lebih jelas lagi dikatakan, sebenarnya tubuh sudah memiliki alarm alami untuk mengontrol aktivitas sehari-hari. Sayangnya, tak semua orang paham tentang alarm alami yang dikeluarkan oleh tubuh tersebut. Biasanya alarm alami itu datang dengan reaksi yang ringan, seperti pusing, lemas, pegal otot, dan gejala ringan lainnya ketika Anda terlalu memforsir tubuh untuk berolahraga.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Jika gejala ringan tersebut sudah terasa, sebaiknya Anda berhenti latihan untuk sementara waktu, alias cuti olahraga. Sebab, jika diteruskan bisa meningkatkan risiko cedera atau robeknya jaringan otot di dalam tubuh yang menyebabkan Anda jatuh sakit.

Selain itu, perlu diperhatikan pula asupan air putih yang dikonsumsi. Sebab, bagaimanapun juga saat berolahraga Anda akan mengeluarkan begitu banyak cairan di dalam tubuh sehingga Anda harus menggantinya dengan mengonsumsi banyak air putih.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi