Sakit Gigi Bisa Sebabkan Hipertensi?

Doktersehat-sinus-gigi

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tahan dengan sensasi nyeri dari sakit gigi? Banyak orang yang bahkan sampai marah-marah akibat dari sakit gigi. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul. Apakah sakit gigi yang bisa mempengaruhi suasana hati ini bisa memicu datangnya hipertensi atau tekanan darah tinggi?

Ada banyak sekali bakteri yang ada di dalam rongga mulut. Yang menjadi masalah adalah bakteri ini ada yang jahat dan akhirnya menyebabkan masalah pada kesehatan gigi dan gusi, termasuk dalam hal menciptakan masalah gigi berlubang.

Saat kita mengalami sakit gigi, maka kita akan mendatangi dokter untuk mencari obat pereda nyeri atau bahkan mendapatkan anestesi atau pembiusan demi menahan rasa sakit dan mencegah emosi. Yang menjadi masalah adalah, cairan anestesi memiliki kandungan vasokonstriktor yang bisa membuat pembuluh darah menyempit. Jika sampai pembuluh darah menyempit, maka jantung akan bekerja dengan lebih keras untuk memompa darah dan akhirnya memicu peningkatan tekanan darah.

Selain itu, sakit gigi juga bisa menyebabkan stres akibat rasa nyeri yang luar biasa. Jika hal ini terjadi, maka tekanan darah juga akan meningkat dengan signifikan dan akhirnya memicu hipertensi jika sakit gigi tidak segera ditangani dengan baik.

Melihat adanya fakta ini, sebaiknya kita rajin-rajin menjaga  kesehatan gigi dan mulut demi mencegah datangnya sakit gigi yang sangat menyiksa. Selain itu, pastikan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis yang bisa menarik perhatian bakteri jahat untuk menggerogoti gigi dan menyebabkan masalah gigi berlubang.