Terbit: 1 Februari 2018 | Diperbarui: 27 September 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika ada ungkapan bahwa lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, bisa jadi ungkapan tersebut benar adanya. Rasa sakit yang muncul akibat sakit gigi memang kadang tidak tertahankan. Ketika rasa sakit itu tiba, rasanya ingin segera minum obat untuk meredakan rasa sakitnya. Namun hal ini tidak bisa Anda lakukan jika sedang hamil. Tidak semua obat sakit gigi bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu bagaimana solusinya?

Sakit Gigi Saat Hamil, Gunakan Obat Alami Ini

Penyebab sakit gigi saat hamil bisa bermacam-macam, mulai dari gigi berlubang hingga sakit di gusi. Perubahan hormon juga bisa memicu peradangan di gusi atau yang disebut dengan gingivitis. Pada gingivitis, gusi membengkak dan terkadang berdarah saat menyikat gigi.

Selain gingivitis, sakit gigi yang mungkin timbul saat kehamilan adalah penyakit periodontal, yaitu penyakit pada jaringan pendukung gigi. Hal ini biasanya timbuk akibat gingivitis yang tidak ditangani dengan baik atau dibiarkan berlarut-larut.

Untuk mengurangi gejala sakit gigi saat hamil, Anda bisa mengonsumsi obat paracetamol untuk meredakan nyeri dan mengurangi demam. Obat ini termasuk obat yang aman digunakan sat hamil namun sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

Sedangkan beberapa jenis obat sakit gigi yang sebaiknya dihindari adalah aspirin dan ibuprofen. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aspirin dan ibuprofen saat hamil dapat mengingkatkan risiko bayi cacat lahir, keguguran, dan menghambat persalinan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Sakit Gigi Tanpa Membatalkan Puasa

Selain menggunakan obat-obatan tersebut, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk meredakan sakit gigi, di antaranya:

1. Berkumur dengan air hangat
Kumur dengan air hangat dapat membantu meredakan rasa sakit dan menghilangkan partikel yang menempel di gigi. Lakukan kumur dengan air hangat dan garam dengan takaran 1/2 sdt garam dalam 1 gelas air hangat untuk membantu membunuh kuman-kuman di mulut.

2. Mengunyah bawang putih
Bawang putih dikenal mengandung allicin, zat antibiotik yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi pada gigi. Kunyah sesiung bawang putih untuk meredakan sakit, atau letakkan bawang putih yang telah dilembutkan pada gigi yang sakit.

3. Oleskan minyak cengkeh
Kandungan zat aktif eugenol di dalam cengkeh merupakan pereda nyeri alami yang aman digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi saat hamil. Anda bisa mengoleskan minyak cengkeh pada kapas atau mengoleskannya langsung di bagian gigi yang sakit.

4. Rebusan daun jambu
Daun jambu memiliki kandungan anti radang, analgesik, dan antimikrobial di dalamnya. Anda bisa mengunyah satu atau dua lembar daun jambu hingga ekstraknya keluar, lalu dengan lidah, oleskan ekstrak tersebut ke bagian yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa merebus beberapa lembar daun jambu lalu diamkan larutan tersebut beberapa saat dan tambahkan sejumput garam untuk kemudian digunakan sebagai obat kumur.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi