Terbit: 6 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Seks memang bertujuan untuk memberikan rasa nikmat untuk tubuh. Bahkan seks bisa membuat tubuh jadi relaks dan menurunkan stres. Sayangnya tidak semua seks memberikan efek yang baik untuk tubuh. Beberapa kejadian saat seks juga bisa memberikan rasa sakit yang cukup besar dan perasaan tidak nyaman.

7 Kondisi yang Menyebabkan Perut Sering Sakit Pasca Seks

Nah, salah satu masalah yang sering sekali muncul saat seks khususnya pasca orgasme adalah sakit perut. Area perut bagian bawah sering sekali terasa ngilu dan menyebabkan wanita atau bahkan pria merasa tidak nyaman dengan kondisi ini.

Nah, kira-kira apa saja ya yang menyebabkan rasa sakit di perut pasca seks? Simak ulasan di bawah ini.

  1. Prostatitis

Rasa sakit setelah seks tidak terjadi pada wanita saja. Pria pun juga mengalami rasa sakit pada area perut bawah karena ada gangguan pada prostat. Gangguan ini muncul akibat ada inflamasi di area prostat sehingga saat pria mengalami ejakulasi mereka merasakan sakit yang cukup besar.

Prostatitis yang terjadi pada pria memiliki gejala berupa rasa sakit di punggung belakang, anus, dan skrotum. Setelah mengalami ejakulasi rasa sakit akan muncul diikuti dengan kondisi inkontinensia urine.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Orgasme

Saat mengalami orgasme, otot di sekitar pelvis akan mengejang dengan kuat. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang cukup hebat. Kondisi yang sering disebut dysorgsmia ini bisa ini bisa menyerang pria dan juga wanita.

Pada wanita kondisi ini sering disebabkan oleh gangguan pada rahim entah karena ada kista ovarium atau karena ada mioma yang tumbuh di otot rahim dengan jumlah yang cukup besar.

  1. Penetrasi dalam

Beberapa pasangan sangat menyukai penetrasi dalam karena memberikan rasa nikmat yang besar. Namun, karena kondisi tertentu, penetrasi dalam justru memberikan rasa sakit pada vagina atau anus.

Rasa sakit ini terjadi karena gesekan terlalu besar atau ukuran dari penis yang menekan otot di sekitar vagina atau anus. Rasa sakit di perut biasanya sembuh dengan sendirinya setelah beberapa jam.

  1. Gas

Saat sedang melakukan penetrasi, gas akan masuk dan ditekan ke dalam tubuh hingga berkali-kali. Tekanan yang kuat ini menyebabkan perut jadi merasa tertekan dengan kuat dan rasa sakitnya membuat wanita sering sekali tidak nyaman.

Kondisi sakit di perut ini hanya terjadi sementara saja. Setelah wanita bisa mengeluarkan gas perlahan-lahan, tekanan di area perut akan menurun dengan sendirinya.

  1. Infeksi saluran kemih

Pria dan wanita sama-sama bisa mengalami infeksi saluran kemih. Saat mengalami infeksi saluran kemih, area di sekitar kemaluan akan mengalami rasa sakit akibat inflamasi yang cukup parah.

Saat sedang bercinta, tekanan di penis dan vagina akan terjadi sangat kuat. Tekanan ini menyebabkan saluran kemih lebih terasa sakit khususnya di area kandung kemih yang menampung urine.

  1. Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual juga menyebabkan rasa sakit di perut pasca seks. Penyakit seperti klamidia dan gonore menyebabkan pria dan wanita merasakan sakit sehingga penyakit harus segera diatasi agar seks yang dilakukan tidak menimbulkan rasa sakit lagi di kemudian hari.

  1. Endometriosis

Endometriosis adalah pertumbuhan lapisan endometrium yang tidak normal, Pertumbuhan jaringan ini menyebabkan rasa sakit yang cukup besar karena rahim akan tertekan dari depan dan belakang akibat penetrasi. Pasca seks usai, rasa sakit yang muncul akan semakin besar.

Inilah tujuh kondisi yang menyebabkan rasa sakit pada perut pasca seks. Semoga bisa memberikan pencerahan sehingga seks bisa berjalan dengan lancar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi