Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Beberapa waktu terakhir, nama Dahlan Iskan jarang lagi disebut di media sosial atau berita di kanal berita lokal. Tokoh yang sempat terkenal beberapa tahun silam ini seperti menghilang begitu saja dari peredaran. Ternyata, menghilangnya Dahlan ini disebabkan karena dirinya harus dirawat di sebuah rumah sakit.

Sakit, Dahlan Iskan Menjadi Manusia Setengah Bionik

Photo Source: Indeksberita.com

Melalui akun Twitter pribadinya @iskan_dahlan, Dahlan menyebut penyakit yang membuatnya harus mendapatkan perawatan medis, yakni Aorta Dissection. Penyakit ini sangatlah berbahaya dan jika dibiarkan bisa memicu kematian. Ia pun mengaku kini mendapatkan bantuan alat medis khusus untuk membantunya tetap sehat sehingga membuatnya seakan-akan menjadi manusia setengah bionic.

Dahlan memang belum banyak bercerita tentang penyakitnya, namun, pada 9 Februari 2018 nanti, Ia akan blak-blakan tentang kondisi kesehatan terakhirnya, khususnya dalam hal penyakit Aorta Dissection yang Ia derita di situs pribadinya.

Dalam dunia medis, penyakit Aorta Dissection yang diderita Dahlan bisa memicu gejala seperti sesak nafas, nyeri dada dan punggung yang kerap muncul mendadak, penurunan kemampuan penglihatan, demam, atau bahkan kelumpuhan dan hilangnya kesadaran. Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang dengan usia 60 hingga 80 tahun, usia yang juga dimiliki oleh Dahlan. Penyakit ini juga lebih sering menyerang kaum pria dibandingkan dengan wanita.

Dahlan mengaku jika salah satu kasus kecelakaan yang dialaminya saat mengetes mobil listrik beberapa tahun silam ikut menjadi pemicu datangnya penyakit ini. Saat itu, Ia mengalami benturan di dada dengan cukup keras yang ternyata ikut menyebabkan pelemahan pada dinding aorta dalam tubuhnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi