Terbit: 18 Maret 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Sakit dada sebelah kanan kenapa? Nyeri dada sebelah kanan adalah gejala umum yang biasanya tidak serius seperti disebabkan oleh stres, nyeri otot, atau asam lambung naik. Namun, jangan abaikan bila gejala nyeri dada berlangsung lama atau selalu kambuh, itu bisa jadi tanda dari indikasi penyakit lain.

20 Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan yang Harus Diwaspadai

Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Berikut ini beberapa penyebab nyeri dada sebelah kanan:

1. Stres atau Panik Attack

Kondisi kesehatan mental seperti gangguan kecemasan (anxiety disorder), stress, anxiety attack, atau serangan panik (panic attack) dapat menyebabkan gejala nyeri dada sebelah kanan seperti serangan jantung. Gejala panic attack lainnya berupa pusing, keringat dingin, gemetaran, detak jantung cepat, dan sesak napas.

Bila Anda mengalami serangan panik, silahan coba tenangkan diri. Duduk di posisi yang nyaman, atur napas, dan minum air putih. Bila Anda merasakan gejala yang mengkhawatirkan, minta bantuan orang lain atau bantuan medis.

2. Asam lambung Naik

Asam lambung naik dapat menyebabkan gejala seperti nyeri dada, nyeri perut, sensasi terbakar dari dada ke tenggorokan, mulut asam, dan perut kembung. Bila mengalami acid reflux dua kali seminggu, itu tanda penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Cedera Dada

Nyeri dada sebelah kanan bisa terjadi karena dada mengalami cedera akibat pukulan langsung, tidak langsung, atau pukulan benda tumpul yang menyebabkan otot pectoralis (otot dada) robek atau tulang rusuk patah. Bila mengalami hentakan keras di sekitar dada dan mengalami gejala nyeri hebat, memar, bengkak, batuk, dan sesak napas, silakan hubungi dokter.

4. Nyeri Otot

Nyeri otot dan otot tegang di sekitar dada dapat menyebabkan nyeri dada. Ini biasanya terjadi bila Anda sering menggunakan sisi otot dada bagian kanan saja. Misalnya, saat sedang memotong kayu, melukis, atau melakukan hal-hal lainnya di mana penggunaan tangan kanan mendominasi.

5. Gangguan Pencernaan/Heartburn

Heartburn adalah sensasi terbakar akibat acid reflux atau asam lambung naik setelah makan atau olahraga. Acid reflux adalah masalah pencernaan di mana asam lambung yang harus tetap berada di lambung untuk proses pencernaan malah naik ke esofagus (kerongkongan).

6. Pneumonia

Pneumonia mungkin menjadi penyebab sakit dada sebelah kanan. Penjelasanya, pneumonia adalah infeksi paru-paru yang menyebabkan gejala nyeri dada, sesak napas, batuk dengan dahak, demam, serta mual dan muntah. Gejala pneumonia yang tidak segera ditangani akan menyebabkan masalah pernapasan serius.

7. Pneumothorax

Pneumotoraks adalah penumpukan udara pada rongga pleura (rongga antara paru-paru dan dinding dada). Pneumotoraks dapat menyebabkan nyeri dada hebat tiba-tiba, sesak napas, dan kelelahan bila paru-paru robek.

8. Hipertensi Pulmonal

Sakit dada sebelah kanan kenapa? Mungkin terjadi akibat hipertensi pulmonal. Hipertensi pulmonal adalah tekanan darah tinggi pada saluran dari jantung ke paru-paru. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit dada sebelah kanan, detang jantung cepat. dan napas pendek saat Anda beraktivitas.

9. Emboli Paru

Emboli paru adalah penggumpalan darah dari vena (pembuluh darah) di kaki ke paru-paru. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah arteri tersumbat dan menghambat aliran darah penuh oksigen ke paru-paru, kemudian menyebabkan nyeri dada.

10. Inflamasi Jantung

Terdapat dua jenis peradangan jantung, yaitu miokarditis (inflamasi pada otot jantung) dan perikarditis (inflamasi pada dua lapisan jaringan jantung). Kedua jenis inflamasi jantung ini dapat menyebabkan gejala nyeri ringan hingga berat.

Baca Juga: Nyeri Dada: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

11. Pleuritis

Pleuritis adalah peradangan pada selaput pleura (selaput yang melapisi sisi dalam rongga dada). Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri pada kedua sisi dada serta sesak napas.

12. Herpes Zoster

Cacar ular atau cacar api akibat paparan virus varicella-zoster. Bila virus menyebar hingga ke jantung atau paru-paru, itu dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang berefek pada nyeri dada.

13. Pankreatitis

Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas akibat enzim pencernaan sudah bekerja saat masih berada di pankreas, bukan di saluran pencernaan. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri di perut bagian atas yang mungkin rasa nyeri tersebut menjalar hingga ke dada.

14. Kolesistitis

Peradangan pada kantong empedu akibat empedu-empedu menumpuk di sana. Kolesistitis tidak menyebabkan nyeri dada secara langsung, namun nyeri hebat di perut bagian kanan atas yang mungkin menjalar ke dada juga.

15. Kostokondritis

Kostokondritis adalah peradangan pada tulang rawan dari tulang rusuk. Gejala utama kostokondritis berupa nyeri dada dan nyeri punggung ringan atau parah.

16. Kantung Empedu atau Peradangan Liver

Peradangan liver dan masalah kantung empedu menyebabkan gejala nyeri perut, namun mungkin menjalar ke dada. Disertai gejala lainnya seperti tidak nafsu makan, tidak enak badan, dan penyakit kuning dalam kondisi lebih serius.

17. Fraktur Tulang Rusuk

Fungsi tulang rusuk untuk melindungi organ dalam tubuh. Cedera atau patah tulang rusuk dapat menyebabkan nyeri dada yang cukup menyakitkan dan komplikasi di area dada.

Baca Juga: 20 Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri (Tak Selalu Jantung)

18. Efusi Pleura

Efusi pleura adalah kondisi yang ditandai adanya penumpukan cairan di antara lapusan jaringan di luar paru-paru. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dada dan sesak napas.

19. Sakit Jantung

Penyebab sakit dada sebelah kanan selanjutnya mungkin masalah jantung. Umumnya, tanda penyakit jantung adalah sakit dada di sebelah kiri, namun bisa juga mempengaruhi dada sebelah kanan.

20. Tumor Dada

Tumor dada biasanya dimulai di dinding dada dan menyebabkan nyeri dada. Kemudian, bila tumor terus tumbuh—baik yang bersifat kanker atau tidak—pelan-pelan dapat menyumbat aliran darah di sekitarnya.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter bila:

  • Mengalami nyeri dada sebelah kanan selama beberapa hari.
  • Gejala nyeri dada yang parah dan menyakitkan.
  • Nyeri juga menjalar ke area perut, leher, lengan, punggung, dan rahang.
  • Dalam cuaca dingin, nyeri dada semakin menusuk.
  • Sesak napas parah.

Bila Anda sudah mendapat diagnosis memiliki penyakit lain yang mungkin menyebabkan nyeri dada, maka Anda tetap harus kontrol ke dokter secara rutin. Dokter akan memberi resep obat sakit dada sebelah kanan sesuai dengan penyebab dan kondisi Anda. Jangan mengabaikan gejala nyeri tubuh untuk mencegah gejala semakin memburuk.

 

  1. Dr. Clarisse Bezerra. 2020. Right Side Chest Pain: 7 Possible Causes and What To Do. https://www.tuasaude.com/en/right-side-chest-pain/. (Diakses pada 18 Maret 2021).
  2. Galan, Nicole, RN. 2020. What causes chest pain on the right side?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321146#causes. (Diakses pada 18 Maret 2021).
  3. Scaccia, Annamarya. What’s Causing Pain in the Right Side of My Chest?. https://www.healthline.com/health/pain-in-right-side-of-chest. (Diakses pada 18 Maret 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi