Terbit: 11 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar cokelat? Makanan yang satu ini memang banyak disukai berbagai kalangan, mulai daroi anak-anak hingga oprang dewasa.

doktersehat-cookies-cokelat

Tak heran, berbagai sajian dari cokelat, mulai dari permen cokelat, cokelat batangan, minuman cokelat, dan berbagai olahan dari cokelat bisa dengan mudah kita temui di pasaran.

Cokelat memang memiliki rasa yang super nikmat dan terkenal dengan berbagai kandungan manfaatnya. Akan tetapi, tahukah Anda bagaimana cara menyajikan cokelat yang sehat?

Kandungan zat dan gizi unggulan pada cokelat

doktersehat-masker-cokelat

Photo Credit: Pexels.com

Cokelat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu jenis antioksidan kuat pada cokelat adalah flavonoid yang baik untuk kesehatan metabolisme tubuh dan mampu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan lain yang ada pada cokelat juga terbukti mampu memberikan efek berupa rasa rileks dalam tubuh saat mengonsumsinya.

Akan tetapi, manfaat tersebut akan kita rasakan jika kita memilih jenis cokelat yang tepat. Memilih cokelat dengan kandungan manfaat yang maksimal adalah dengan:

  • Memilih jenis cokelat hitam, cokelat hitam atau dark chocolate, memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi dibandingkan jenis cokelat lainnya.
  • Utamakan memilih cokelat hitam dengan persentase kokoa yang tinggi, dan
  • Hindari cokelat dengan tambahan banyak gula atau pemanis buatan dan susu, yang akan membuat cokelat banyak mengandung gula dan lemak. Misalnya white chocolate atau cokelat susu.

Lantas, bagaimana cara sehat menyajikan cokelat?

Berikut 4 sajian cokelat super sehat yang dianjurkan dibuat dari bahan baku cokelat hitam dengan persentase kokoa yang tinggi:

1. Biskuit gandum dengan dark chocolate bubuk atau dark chocolate chips

doktersehat-cokelat-biskuit-cookies

pic credit: inna dee

Anda penggemar biskuit cokelat? Biskuit cokelat memang menjadi pilihan yang tepat sebagai camilan, ya.

Nah, agar pilihan biskuit cokelat Anda super sehat, Anda bisa membuat atau memilih jenis biskuit yang terbuat dari bahan baku tepung gandum utuh yang dipadukan dengan bubuk cokelat dalam adonan.

Jika mnasih ingin menambahkan tekstur rasa cokelat yang berbeda, berikan chips cokelat dari cokelat hitam.

Kini sajian biskuit cokelat Anda tidak hanya kaya serat namun juga antioksidan dari cokelat hitam, bukan?

2. Cokelat hitam batangan atau dengan isian kacang panggang

cokelat-kacang-doktersehatSajian dari cokelat yang umum dikonsumsi, tentu saja cokelat batangan, ya. Utamakan memilih cokelat batangan jenis cokelat hitam, yang kini sudah cukup mudah diperoleh.

Jika ingin mendapatkan manfaat yang super sehat, pilih cokelat dengan isian atau tambahan potongan kacang. Hal ini akan sangat bermanfaat karena kacang memiliki kandungan serat dan fitonutrien yang tinggi.

Hindari memilih cokelat batangan dengan isian buah kering atau permen manis, karena asupan gula yang berlebihan bisa merusak kandugan antioksidan pada cokelat.

3. Minuman dari bubuk cokelat

doktersehat-cokelatSiapa yang bisa menolak lezat dan kentalnya minuman cokelat? Minuman cokelat yang belakangan ini juga mulai populer, merupakan sajian cokelat yang super sehat, lho.

Selain lebih mudah diserap di pencernaan, minuman dari bubuk cokelat hitam juga bisa disajikan dalam berbagai suasana, baik bersuhu hangat maupun dengan es.

Agar rasa minuman cokelat hitam tidak terlalu pahit, Anda bisa menambahkan pemanis alami, misalnya madu secukupnya atau sari buah yang cocok dengan minuman cokelat Anda.

4. Selai cokelat hitam

Cara super sehat menikmati cokelat yang terakhir adalah dengan menyajikan cokelat hitam sebagai selai.

Selai cokelat, umumnya bisa disajikan tunggal atau dikombinasikan dengan susu maupun kacang.

Anda bisa menambahkan selai cokelat hitam ke berbagai makanan misalnya roti, biskuit, atau smoothies.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi