Saat Menstruasi, Perlukah Minum Tablet Tambah Darah?

doktersehat-wanita-sakit-perut-menstruasi-datang-bulan

DokterSehat.Com– Apakah Anda mengonsumsi tablet tambah darah saat menstruasi? Ada cukup banyak jenis tablet atau sediaan obat tambah darah yang bisa kita peroleh di apotek atau dari tenaga kesehatan. Namun kira-kira perlukah mengonsumsinya saat masa menstruasi?

Saat masa menstruasi, zat besi dalam tubuh tentu jumlahnya tidak sama dengan saat tidak sedang menstruasi. Umumnya menstruasi membuat tubuh rentan mengalami kekurangan darah. Untuk itu perlu bagi kita untuk memenuhi kebutuhan gizi selama menstruasi, untuk mencegah terjadinya anemia.

Penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan minum tablet tambah darah, atau tablet zat besi memengaruhi terjadinya anemia.

Hal ini dibuktikan dengan melihat angka kejadian anemia pada remaja putri yang terbiasa minum tablet tambah darah selama masa menstruasi dengan yang tidak. Sehingga asupan tambahan zat besi dari tablet tambah darah memang diperlukan selama masa menstruasi.

Akan tetapi, untuk mendukung kondisi tubuh fit dan asupan gizi yang terpenuhi selama masa menstruasi, tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi tablet tambah darah saja. Beberapa hal lain yang bisa kita persiapkan agar terhindar dari anemia selama masa menstruasi adalah:

  • Mengonsumsi makanan tinggi zat besi

  • Makanan tinggi zat besi adalah makanan protein hewani dan beberapa jenis sayuran hijau serta sumber karbohidrat. Konsumsi makanan tinggi besi juga sebaiknya diiringi dengan penerapan diet seimbang dan bervariasi setiap hari.

  • Mengonsumsi tablet tambah darah secara rutin

  • Pemerintah menganjurkan konsumsi tablet tambah darah, utamanya untuk remaja putri, sebanyak satu kali dalam seminggu. Hal ini akan mencegah terjadinya anemia pada remaja dan tentu tubuh akan lebih siap saat menstruasi karena asupan zat besi telah rutin dikonsumsi tiap minggunya.

Nah, jadi, selain konsumsi tablet tambah darah, kedua hal di atas juga perlu dilakukan ya.