Saat Konstipasi Kita Justru Dilarang Makan Pisang?

pisang-hijau-doktersehat
Photo Credit: Todd Klassy

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang cukup sering menyerang masyarakat adalah konstipasi atau susah buang air besar. Sebagai informasi, National Institutes of Health (NIH) bahkan sampai menyebutkan bahwa cukup wajar jika kita sampai mengalami sembelit atau konstipasi 3 kali dalam seminggu. NIH bahkan menyebutkan bahwa di seluruh dunia, setidaknya ada 42 juta orang yang mengalami masalah konstipasi dimana kaum hawa cenderung lebih berisiko terkena masalah kesehatan ini jika dibandingkan dengan pria.

Women’s Health baru-baru ini memberikan informasi tentang cara mencegah datangnya konstipasi, yakni memastikan untuk selalu mengonsumsi makanan dengan kadar serat tinggi dan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik setiap hari. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat konstipasi seperti sebagai berikut.

Pisang
Jangan salah sangka terlebih dahulu. Bukan pisang matang yang manis dan kaya serat yang sebaiknya kita hindari saat konstipasi, melainkan pisang yang masih belum matang dengan warna kulit yang masih kehijauan. Sayangnya, belum jelas alasan mengapa pisang mentah ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat konstipasi.

Minum susu
Ada cukup banyak orang yang mengalami masalah intoleransi laktosa atau kesulitan mencerna laktosa, kandungan yang ada dalam susu dan produk turunannya. Jika penderita masalah kesehatan ini minum susu, maka sistem pencernaan akan mengalami gangguan dan bisa menyebabkan konstipasi menjadi semakin parah.

Makan gorengan
Meski rasanya enak, gorengan sudah dikenal luas sebagai makanan yang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, jika kita sedang mengalami masalah susah buang air besar, ada baiknya menghindari gorengan karena adanya kandungan lemak yang tinggi di dalamnya bisa menyumbat pencernaan pada usus. Hal ini tentu akan membuat konstipasi menjadi semakin parah.