Saat Kembung Tak Boleh Minum Susu?

DokterSehat.Com– Meskipun sering dianggap sebagai penyakit yang ringan, dalam realitanya perut kembung bisa membuat repot karena tentu akan membuat badan terasa sangat tidak nyaman. Masalahnya adalah terkadang makanan yang kita konsumsi justru akan memperburuk gejala dari perut kembung ini. Salah satu makanan yang disebut-sebut bisa menyebabkan dampak tersebut adalah susu. Sebenarnya, apakah anggapan ini memang sesuai dengan fakta medis?

Dampak minum susu saat terkena masalah perut kembung

Pakar kesehatan menyebut susu dan produk turunannya seperti keju dan yoghurt termasuk dalam makanan yang kaya nutrisi dan bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Hanya saja, ada baiknya kita tidak mengonsumsinya saat sedang mengalami perut kembung karena bisa membuat perut semakin terasa tidak nyaman.

Selain itu, jika kita memang menderita intoleransi laktosa, kondisi yang membuat tubuh tidak mampu mencerna kandungan laktosa di dalam susu, maka setelah meminumnya kita akan mengalami gejala seperti mual-mual, begah dan diare. Mengonsumsi susu atau produk turunannya tentu akan membuat gejala perut kembung yang sebelumnya telah dialami akan menjadi semakin parah.

Beberapa jenis makanan lain yang sebaiknya dihindari saat mengalami masalah perut kembung

Selain susu, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan lain yang sebaiknya tidak kita konsumsi terlebih dahulu jika sedang mengalami masalah perut kembung.

Berikut adalah beberapa jenis makanan-makanan tersebut.

  1. Sayuran dari keluarga kubis

Beberapa jenis sayur yang berasal dari keluarga kubis seperti kol, brokoli, kale, atau bahkan wortel ternyata sebaiknya kita hindari terlebih dahulu jika kita sedang mengalami masalah perut kembung. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan sayuran-sayuran ini yang bisa memicu produksi gas dengan berlebihan di dalam saluran pencernaan. Selain itu, di dalam sayuran ini juga terdapat kandungan gula alami berjenis rafinose yang cenderung sulit dicerna. Hal ini diperkirakan akan membuat masalah perut kembung akan semakin memburuk.

  1. Apel

Salah satu buah yang paling baik bagi kesehatan ini ternyata juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang kembung. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan gula alami di dalam apel yang cenderung sulit dicerna oleh perut kita. Kondisi ini tentu akan membuat saluran pencernaan bekerja dengan lebih keras dan akhirnya membuat gejala perut kembung semakin memburuk.

Selain apel, buah lain yang sebaiknya kita hindari saat sedang kembung adalah buah nanas, pir, mangga, atau anggur. Buah-buahan ini juga memiliki kandungan gula alami yang cenderung sulit dicerna oleh tubuh.

  1. Cokelat

Camilan yang digemari oleh hampir semua orang ini ternyata kurang baik untuk dikonsumsi jika kita sedang mengalami perut kembung. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam membuat produksi asam lambung meningkat yang tentu akan memperburuk kondisi pencernaan yang sedang tidak nyaman.

  1. Makanan yang terbuat dari gandum

Makanan yang terbuat dari gandum baik itu roti gandum ataupun oatmeal memang sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk saluran pencernaan, namun sebaiknya kita tidak mengonsumsinya saat sedang terkena masalah perut kembung karena kadar seratnya yang tinggi cenderung membuat pencernaan bekerja dengan lebih keras. Hal ini dikhawatirkan akan membuat kondisi perut menjadi semakin tidak nyaman.

  1. Minuman bersoda

Semua orang tahu bagaimana dampak yang akan dirasakan di dalam perut setelah mengonsumsi minuman bersoda, yakni perut yang terasa penuh dengan gas. Hal ini memang disebabkan oleh tingginya kandungan gas di dalam minuman yang menyegarkan ini. Keberadaan gas ini sayangnya akan membuat perut yang sebelumnya berada dalam kondisi kembung menjadi semakin menderita. Kita juga akan merasa semakin tidak nyaman.