Terbit: 15 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mengalami lupa saat hamil? Sebagian besar perempuan hamil menyebutkan bahwa mereka mudah lupa dan sering tidak ingat beberapa hal yang baru terjadi sejak hamil. Benarkah ada hubungannya antara lupa dengan kehamilan?

doktersehat-pusing-kepala

Gejala lupa atau melemahnya daya ingat pada perempuan hamil ini sering disebut dengan momnesia. Sindrom ini tidak berbahaya dan wajar terjadi pada ibu hamil karena perubahan fungsi tubuh dan hormon yang terjadi selama kehamilan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Boston University dan Massachussets Institue of Technology menyimpulkan bahwa kondisi momnesia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu prioritas, rasa sakit, hormon, dan kelelahan.

Prioritas
Sebagai ibu baru, tentu perlu melakukan penyesuaian dengan kehidupan sebelum hamil. Secara otomatis prioritas ibu hamil akan berubah dan banyak didominasi oleh persiapan kelahiran si kecil. Hal ini yang menyebabkan beberapa hal kecil jadi mudah terlupakan.

Melupakan rasa sakit
Para ahli berpendapat bahwa lupa merupakan mekanisme tubuh untuk mengalihkan fokus rasa sakit atau nyeri yang dialami selama kehamilan. Bagi ibu yang mengalami momnesia setelah melahirkan, sikap lupa ini juga berfungsi untuk melupakan rasa sakit setelah melahirkan.

Perubahan hormon

Ketika hamil, hormon progesteron dan estrogen ibu melonjak hingga berkali-kali lipat. Kedua hormon ini berpengaruh pada semua sel saraf yang ada di otak. Ketika ibu hamil akan melahirkan, maka hormon oksitosin akan meningkat, membuat rahim berkontraksi, merangsang payudara menghasilkan ASI dan memengaruhi komunikasi sel-sel saraf di otak.

Kelelahan
Kelelahan juga menjadi faktor utama momnesia, khususnya setelah melahirkan. Setelah melahirkan tugas ibu semakin banyak seperti menyusui, merawat bayi, dan melakukan beberapa urusan rumah tangga. Kelelahan ini merupakan faktor utama yang menentukan daya ingat seseorang.

Bagi ibu yang mengalami momnesia, tak perlu khawatir jika sering melupakan beberapa hal kecil. Hal ini wajar terjadi dan akan akan kembali normal beberapa minggu setelah melahirkan, atau setelah hormon normal kembali. Namun jika gangguan pelupa ini sering mengganggu aktivitas Anda, maka sebaiknya Anda mengantisipasinya dengan menulis beberapa hal penting dalam catatan, serta mengupayakan untuk cukup istirahat.



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi