Terbit: 29 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Jika dicermati, saat terkena flu, kita cenderung tidak selera makan. Kita bahkan seperti tidak merasa lapar meskipun badan terasa lemas dan tidak karuan. Masalahnya adalah agar bisa cepat pulih, kita sangatlah disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi.

Mengapa Saat Flu Tidak Selera Makan?

Penyebab Tak Selera Makan Saat Sedang Flu

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa membuat kita seperti kehilangan selera makan saat flu. Menariknya, hal ini ternyata termasuk dalam gejala flu yang sangat khas.

Sebagaimana kita ketahui, saat flu, kita akan mengalami gejala seperti hidung yang tersumbat, demam dan tubuh yang tidak nyaman, nyeri pada tenggorokan, dan sensasi tidak nyaman pada perut. Kombinasi dari sensasi tidak nyaman pada tenggorokan dan perut inilah yang membuat selera makan kita menurun drastis.

Meski makanan yang disajikan ke kita sangat nikmat, tetap saja kita tidak bisa menikmatinya karena saat memasuki tenggorokan, akan menyebabkan sensasi nyeri. Selain itu, terkadang setelah makan perut jutru terasa tidak nyaman dan menyebabkan sensasi mual. Hidung yang tersumbat juga membuat kita tak bisa mencium aroma makanan, salah satu faktor utama yang membuat selera makan meningkat.

Saat flu, kita juga cenderung ingin tiduran atau beristirahat saja sehingga enggan untuk pergi meski ke ruangan lainnya di dalam rumah. Hal ini tentu akan membuat kita semakin malas untuk makan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Tips Meningkatkan Selera Makan Saat Flu

Mengingat makanan yang sehat bisa memberikan pengaruh besar bagi kesembuhan flu, ada baiknya kita melakukan beberapa cara agar bisa meningkatkan selera makan.

Berikut adalah cara-cara tersebut.

  1. Memilih Makanan Tinggi Nutrisi

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak makanan dengan kandungan protein, selenium, seng, vitamin B dan B12 jika ingin lebih cepat sembuh dari flu. Makanan-makanan yang bisa menyediakan nutrisi ini adalah kacang-kacangan, telur, daging ikan, sayuran hijau, gandum, serta jeruk.

Kita juga lebih disarankan untuk mengonsumsi minuman hangat seperti teh jahe atau teh dengan campuran lemon yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Konsumsi Makanan Saat Masih Hangat

Demi membuat selera makan meningkat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menyantap makanan saat masih dalam kondisi hangat. Suhu hangat dari makanan dianggap bisa membantu mengatasi hidung tersumbat atau nyeri tenggorokan. Kita juga bisa menambahkan rempah-rempah yang bisa membuat sensasi hangat dari makanan ini semakin meningkat.

  1. Hindari Makanan Cepat Saji dan Berminyak

Makanan cepat saji memang memiliki rasa yang enak, namun makanan ini bisa menyebabkan peradangan pada tenggorokan semakin parah. Hal yang sama juga berlaku jika kita mengonsumsi makanan berminyak. Hal ini tentu akan membuat kondisi tubuh akan semakin tidak karuan.

Tips Lebih Cepat Sembuh dari Flu

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mandi dengan air hangat saat flu menyerang. Tak hanya mencegah tubuh kedinginan, hal ini juga akan membuat tubuh terasa jauh lebih nyaman, mengatasi nyeri dan tegang pada otot, sekaligus melegakan saluran pernapasan.

Kita juga sangat disarankan untuk menikmati sinar matahari pagi yang hangat. Memang, saat flu kita tidak disarankan melakukan olahraga terlebih dahulu demi membantu tubuh lebih cepat pulih, namun kita masih bisa melakukan peregangan yang bisa mengatasi rasa nyeri akibat flu.

Satu hal yang pasti, ada baiknya kita banyak beristirahat saat flu. Hal ini bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk memulihkan kekuatan sistem kekebalan tubuh sekaligus membuat badan menjadi bugar kembali.

 

Sumber:

  1. Marks, Diane. Appetite & the Flu. livestrong.com/article/323188-appetite-the-flu/ (Diakses pada 22 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi