Terbit: 8 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada sebuah anggapan yang dipercaya oleh masyarakat, yakni jika kita mengalami diare, akan jauh lebih baik jika kita tidak mengonsumsi susu karena minuman ini bisa membuat masalah pencernaan ini menjadi semakin parah. Sebenarnya, apakah memang diare bisa menyebabkan efek seperti ini?

Saat Diare Tidak Boleh Minum Susu, Benarkah?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa anggapan ini ternyata tidak sesuai dengan fakta medis. Justru, kita masih disarankan untuk minum susu demi mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap bugar dan menyembuhkan diare.

Asupan makanan lain yang sebaiknya tetap dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah buah-buahan dan sayuran. Sebagaimana susu, buah dan sayur yang kaya akan serat dianggap bisa membuat diare sebagai semakin parah. Anggapan ini muncul akibat kemampuan serat yang melancarkan pencernaan. Jika sampai dikonsumsi, dikhawatirkan diare menjadi semakin parah. Padahal, anggapan ini juga sama sekali tidak tepat.

Hanya saja, mengonsumsi susu saat diare juga tidak bisa dikonsumsi dengan sembarangan. Konsumsilah dengan jumlah yang wajar saja dan tidak berlebihan. Selain itu, jika memang diare terlihat cukup parah, jangan ragu untuk mengonsumsi oralit demi meredakannya.

Meskipun begitu, cobalah cari tahu terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab dari diare ini. Bisa jadi diare ini justru disebabkan oleh intoleransi laktosa, kondisi dimana pencernaan tidak bisa mencerna laktosa, kandungan yang banyak ditemukan di dalam susu. Kondisi ini cenderung rentan menyerang masyarakat Indonesia. Jika setiap kali setelah minum susu kita mengalami gejala diare, ada baiknya kita segera berkonsultasi kepada dokter. Jika penyebabnya ternyata memang benar adalah intoleransi laktosa, maka ada baiknya kita mengganti sumber kalsium dari susu ke bahan makanan lainnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi