Saat Demam Suhu Tubuh Panas, Tapi Kok Kedinginan?

obat-demam-doktersehat

DokterSehat.Com– Demam adalah masalah kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja, baik itu orang dewasa ataupun bayi. Saat kita mengalaminya, suhu tubuh meningkat dengan signifikan sehingga saat disentuh, akan terasa lebih hangat, namun yang aneh adalah, kita justru merasakan sensasi kedinginan. Sebenarnya, bagaimana bisa kita merasakan sensasi suhu yang berkebalikan dengan suhu tubuh saat demam?

Dikutip dari Readers Digest, logikanya, kita akan merasakan sensasi tubuh yang kepanasan saat demam, namun, bukan ini yang terjadi. Saat demam, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan reaksi yang disebut sebagai pyrexia. Reaksi ini sebenarnya adalah respons pada peradangan yang terjadi di dalam tubuh, baik itu yang disebabkan oleh flu ataupun yang disebabkan oleh penyakit mematikan layaknya kanker. Hal ini berarti, saat kita mengalami demam, penyebab dari penyakit ini bukanlah suhu tubuh yang meningkat, melainkan adanya peradangan atau infeksi.

Saat pyrexia muncul, tubuh akan mengeluarkan pirogen, zat yang bisa membuat suhu tubuh naik. Saat memasuki bagian otak kanan hipotalamus, purogen akan merangsang bagian otak ini untuk meningkatkan suhu tubuh sekaligus membuat tubuh merasakan sensasi kedinginan. Dalam banyak kasus, kita bahkan bisa merasakan sensasi menggigil. Hal ini sebenarnya terjadi karena pembuluh darah di dalam tubuh mulai menyempit sebagai salah satu efek samping dari reaksi yang dikeluarkan oleh pirogen.

Saat infeksi atau peradangan mulai diatasi oleh sistem kekebalan tubuh, maka kadar pirogen di dalam tubuh juga akan ikut menurun. Bagian hipotalamus otak pun akan mulai mengeluarkan perintah agar menurunkan suhu tubuh. Hal ini akan membuat pembuluh darah melebar dan akhirnya membuat tubuh mengeluarkan keringat dalam jumlah yang cukup banyak. Karena alasan inilah banyak orang tua yang menyebut keringat yang muncul setelah demam biasanya adalah tanda bahwa kita akan segera sembuh.

Mengingat demam bukanlah penyakit yang disebabkan oleh kenaikan suhu tubuh, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memeriksakan kondisi kesehatan jika mengalami demam yang cukup parah atau sudah berlangsung cukup lama. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh masalah kesehatan yang cukup serius dan harus segera ditangani agar tidak membahayakan nyawa.