Terbit: 10 Agustus 2018 | Diperbarui: 9 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kesehatan teramat penting dalam kehidupan kita. Sebab, dengan tubuh yang sehat kita bisa menjalani aktivitas dengan lancar tanpa hambatan. Selain itu, banyak yang juga mengatakan bahwa kesehatan adalah harta termahal yang tidak bisa dibeli dengan uang.

Sudah Rutin Olahraga Kok Masih Sering Sakit?

Sadar akan hal tersebut, membuat kebanyakan orang lebih memerhatikan kesehatannya dengan berbagai cara. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan rutin berolahraga. Ya, rutin berolahraga adalah salah satu cara yang dianggap paling ampuh dalam menjaga kesehatan. Sebab, olahraga bisa membuang racun di dalam tubuh secara alami.

Namun, bagaimana jadinya jika tubuh tetap sering sakit walau telah rutin olahraga? Mungkin hal ini sering kita temui, ada seseorang yang menjaga waktu olahraga, tapi malah sering sakit. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Simak informasinya berikut ini.

1. Terlalu Banyak Makan Junk Food

Ketika sudah rutin berolahraga, tapi masih saja sakit bisa jadi itu karena faktor pola makan yang buruk. Sebab, seperti diketahui saat ini mengonsumsi junk food sudah menjadi gaya hidup yang sulit dihilangkan. Junk food sendiri merupakan makanan rendah gizi yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan sehingga sangat disarankan untuk menghidarinya sejak dini.

2. Kurang Mengonsumsi Buah-Buahan

Tidak hanya harus olahraga saja agar tubuh sehat. Tapi diperlukan juga asupan nutrisi yang seimbang, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah. Selain kaya akan serat, buah-buahan juga memiliki kandungan vitamin yang bisa membuat tubuh kita menjadi lebih kebal terhadap ancaman berbagai macam penyakit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Kurang Mengonsumsi Air Putih

Faktor selanjutnya adalah karena kurang mengonsumsi air putih. Seperti diketahui, tubuh kita memerlukan setidaknya delapan gelas sehari agar tetap sehat dan bugar. Jika kurang dari itu, maka tubuh menjadi sulit dalam proses pembuangan racun secara alami. Apalagi jika kita adalah orang yang rutin berolahraga, tentunya harus lebih banyak mengonsumsi air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik.

4. Kurang Istirahat

Hal penting ini seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Merasa sudah sering olahraga, tidak serta-merta membuat kita menyepelekan jam tidur. Pasalnya, tidur merupakan kebutuhan yang tidak boleh dikurangi kualitas maupun kuantitasnya agar tubuh senantiasa sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi