Rumput Laut Baik Bisa Cegah Diabetes

beberapa-manfaat-rumput-laut-bagi-ibu-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com– Rumput laut seringkali dianggap sebagai bahan campuran bagi minuman dingin. Rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut memang bisa membuat rasa minuman menjadi lebih enak. Hanya saja, banyak orang yang tidak menyangka jika rumput laut ternyata termasuk dalam makanan yang bisa mencegah datangnya diabetes.

Rumput laut yang dikenal luas sebagai salah satu bahan utama dari agar-agar ini juga kaya akan kandungan menyehatkan lainnya seperti protein, vitamin, dan mineral. Salah satu jenis mineral yang bisa ditemukan di dalamnya adalah chromium. Mineral ini mampu menurunkan efek buruk dari resistensi insulin, kondisi yang dialami oleh penderita diabetes.

Sebagai informasi, tubuh penderita diabetes kesulitan untuk memproduksi insulin sehingga tidak ada hormon yang mampu memetabolisme gula darah. Hal inilah yang membuat kadar gula darah tetap dalam kondisi tinggi dan merusak berbagai organ dan sistem yang ada di dalam tubuh.

“Dengan adanya chromium yang berasal dari rumput laut, maka proses metabolisme gula darah yang biasanya dilakukan oleh insulin akan terbantu sehingga kadar gula darah tidak akan mudah naik,” ungkap Prof. Dr. Ahmad Sulaeman, PhD yang merupakan lulusan dari Institut Pertanian Bogor.

Kandungan seratnya yang tinggi membuat rumput laut sangat cocok untuk dikonsumsi jika kita ingin menurunkan berat badan atau mencegah obesitas. Sebagai informasi, di dalam rumput laut terdapat serat polisakarida dan minim kalori. Menjadikannya salah satu makanan yang ada dalam diet sehari-hari, baik itu sebagai makanan pendamping saat makan besar atau camilan di antara waktu makan besar, maka kita akan kenyang dalam waktu yang lama sehingga mampu mengendalikan pola makan dengan lebih baik.

Selain serat, di dalam rumput laut juga kaya akan kandungan probiotik yang akan mendukung bakteri baik di dalam saluran pecernaan. Hal ini akan membuat sistem pencernaan lebih lancar dan lebih sehat. Dengan sistem pencernaan yang jauh lebih sehat, maka sistem kekebalan tubuh juga akan menjadi lebih kuat sehingga kita pun tidak akan mudah terkena penyakit.

Demi mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi rumput laut dalam kondisi segar. Selain itu, pastikan untuk tidak menambahkan gula saat mengonsumsinya.