Terbit: 12 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung di Kabupaten Lombok Utara, Lombok, Nusa Tenggara Barat adalah salah satu bangunan yang mengalami kerusakan paling parah akibat gempa besar berkekuatan 7SR pada Minggu, 5 Agustus 2018 lalu. Bangunan rumah sakit ini mengalami kerusakan hingga 90 persen sehingga tidak lagi bisa dijadikan tempat untuk melayani dan merawat pasien yang sedang sakit.

Rusak Parah, Rumah Sakit di Lombok Ini Sulit Diperbaiki

Hingga saat ini, pelayanan rumah sakit hanya bisa dilakukan di luar ruangan dengan memakai tenda darurat. Meski kondisinya serba kekurangan, dokter dan tim medis lainnya berusaha sebaik mungkin merawat pasien yang sakit atau yang mengalami cedera akibat bencana gempa yang meluluh-lantakkan salah satu pulau paling indah di Indonesia ini.

Menurut Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Untung Suseno Sutarjo, bangunan RSUD Tanjung rusak parah dan sulit untuk diperbaiki.

“Struktur dan pondasinya sudah rusak. Bangunannya sudah sangat parah. Sepertinya sudah tidak mungkin diperbaiki,” ungkap Untung setelah mengecek secara langsung rumah sakit ini.

Struktur bangunan RSUD Tanjung juga dipastikan sudah rusak parah sehingga tidak akan kuat menahan bangunan jika diperbaiki. Jika dipaksakan, bangunan ini justru membahayakan dan tidak layak untuk digunakan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Hanya saja, Untung juga berharap proses rekonstruksi rumah sakit di masa depan akan membuat bangunan rumah sakit tahan gempa mengingat Lombok juga termasuk dalam wilayah yang rentan terkena bencana ini.

Untuk sementara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membangun rumah sakit sementara demi memenuhi kebutuhan pasien yang membutuhkan pelayanan medis.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi