Jatuh yang Berujung Sakit Pinggang, Komedian Rudy Djamil Meninggal Dunia

rudy-djamil-doktersehat
Photo source: Twitter.com/djamilrudy

DokterSehat.Com– Kabar mengejutkan datang dari komedian yang juga merupakan aktor legendaris, Rudy Djamil. Rudy mengembuskan napasnya yang terakhir di usia 74 tahun detelah dirawat di Rumah Sakit Al-Islam, Kota Bandung, Jawa barat sejak 28 April 2019 lali. Apa penyebab dari kematiannya?

Komedian Senior Rudy Djamil Meninggal karena Sakit Pinggang

Rudy dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak napas yang cukup parah. Sebelumnya, Rudy juga pernah masuk rumah sakit pada Januari 2019 karena mengalami sakit pinggang setelah terjatuh. Sayangnya, sejak saat itu kondisinya semakin memburuk.

“Sempat masuk rumah sakit karena terpeleset dan jatuh. Sakit di pinggang. Sempat bisa pulang dan mendapatkan perawatan di rumah, tapi sejak 28 April lalu mengalami sesak napas sehingga kembali masuk rumah sakit,” ucap putra Rudy, Randhika Djamil.

Rudy dikenal sebagai aktor pemeran tokoh Djoni Kemod pada film Si Kabayan dan Gadis Kota yang terkenal pada tahun 1989. Rencananya, Rudy akan dimakamkan hari ini, Senin 13 April 2019.

Sakit Pinggang Bisa Menyebabkan Kematian?

Kasus kematian Rudy Djamil membuat banyak orang khawatir dan bertanya-tanya apakah sakit pinggang bisa memicu kematian. Padahal, banyak orang yang mengalaminya karena faktor cedera atau faktor usia.

Pakar kesehatan menyebut sangat jarang masalah sakit pinggang terkait langsung dengan kematian. Hanya saja, masalah kesehatan ini memang bisa menurunkan kualitas hidup dengan signifikan berupa rasa nyeri atau kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Masalahnya adalah terkadang sakit pinggang ini ternyata terkait dengan penyakit berbahaya seperti adanya ginjal, masalah pada saluran kemih, atau adanya kanker pada bagian panggul. Jika tak segera ditangani, bisa jadi akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Karena alasan inilah kita sebaiknya mewaspadai masalah kesehatan ini.

Penyebab Sakit Pinggang yang Jangan Disepelekan

Sakit pinggang seringkali dikaitkan dengen cedera atau trauma dan aktivitas fisik yang berlebihan, padahal, bisa jadi hal ini disebabkan oleh masalah kesehatan yang tidak bisa kita sepelekan begitu saja.

Berikut adalah beberapa penyebab sakit pinggang yang berbahaya:

  1. Keseleo

Jika kita terpeleset, salah posisi saat duduk, hingga melakukan peregangan otot atau mengangkat beban yang terlalu berat, bisa jadi hal ini akan berimbas pada datangnya nyeri pinggang. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan berebihan pada tendon atau otot-otot pada bagian pinggang. Bahkan, jika kondisi berlangsung cukup parah, bisa jadi akan memicu robek ligamen yang tentu membutuhkan waktu penanganan yang cukup lama.

  1. Berubahnya struktur tulang

Sakit pinggang memang lebih sering dianggap sebagai penyakit lansia. Hal ini disebabkan oleh beberapa penyakit seperti scoliosis, kyphosis, hingga lordosis yang bisa memicu berubahnya struktur tulang, khususnya tulang belakang. Postur tubuh pun akan mengalami perubahan dengan signifikan dan akhirnya memicu datangnya rasa nyeri.

  1. Gangguan pada cakram tulang belakang

Jika cakram tulang belakang mengalami penipisan akibat aktivitas fisik, maka hal ini akan memicu datangnya rasa nyeri pada pinggang. Selain itu, terkadang terpeleset atau terjatuh bisa merusak cakram sehingga akan memberikan tekanan pada saraf tulang belakang. Kondisi ini akan menyebabkan sensasi nyeri dan terbakar pada pinggang atau kaki.

  1. Terkena radikulopati

Kondisi ini terjadi akibat peradangan atau tekanan berlebih pada saraf tulang belakang sehingga memicu gejala seperti nyeri, kesemutan, atau bahkan mati rasa.

  1. Stenosis spinal

Kondisi ini membuat saluran saraf tulang belakang menyempit sehingga bisa menyebabkan sensasi nyeri saat berjalan atau berdiri.