Royal Jelly Bisa Mengobati Diabetes?

doktersehat-madu-kulit-halus

DokterSehat.Com– Royal Jelly adalah sejenis zat yang disekresikan sebagai makanan bagi ratu lebah serta larva lebah madu. Cukup banyak bahan makanan atau obat-obatan yang menggunakan royal jelly sebagai salah satu kandungannya karena dianggap bisa memberikan manfaat kesehatan.

Dikutip dari Health News, sebuah penelitian terbaru menghasilkan fakta bahwa royal jelly bisa memberikan manfaat kesehatan bagi pasien wanita penderita diabetes tipe 2. Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa royal jelly kaya akan kandungan antioksidan dan memiliki agen yang mampu menurunkan kadar gula darah.

Dalam penelitian yang masih dalam fase pra-klinis ini, 50 wanita yang menderita diabetes tipe 2 kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Para wanita dari kedua kelompok ini diberi royal jelly 1.000 mg dan suplemen plasebo selama 8 pekan secara acak.

Para wanita ini kemudian dicek kondisi kadar gula darah, antioksidan, dan stress oksidatif sebelum dan setelah penelitian. Hasilnya adalah, pemberian suplemen royal jelly mampu membantu pengendalian kadar gula darah para penderita diabetes.

Selain royal jelly, beberapa jenis makanan lain yang bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes adalah buah apel, bawang merah, buah cranberry, kale, dan produk susu.

Mengonsumsi satu buah apel dalam sehari mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 40 persen. Selain itu, perkembangan diabetes tipe 2 juga bisa dihambat dengan kandungan di dalam buah yang enak ini. Sementara itu, buah cranberry juga memiliki kandungan fitonutrien bernama antosianin yang sangat baik bagi diabetes, kolesterol, dan tekanan darah.

Bawang merah memiliki kandungan antioksidan, serat, folat, dan potasium yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Sementara itu, buah kale memiliki kandungan magnesium, dan vitamin K yang mampu mengendalikan kadar gula darah. Produk susu seperti keju, dan yoghurt kaya akan vitamin D, magnesium, dan kalsium yang bisa membantu tubuh lebih sensitif pada insulin.

Kalau Sobat Sehat memiliki keluarga dengan masalah diabetes, sarankan saja untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut ya?