Mana yang Lebih Sehat, Roti Tawar Putih atau Gandum?

Beda-roti-tawar-putih-gandum-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Jim Champion

DokterSehat.Com– Apa jenis roti tawar yang sering Anda konsumsi? Belakangan ini kedua jenis roti tawar ini menjadi sama-sama mudah diperoleh di pasaran, ya.

Meskipun merupakan jenis bahan makanan yang serupa, namun tampilan dan rasa keduanya tidak sama persis. Lalu kira-kira, mana yang lebih sehat, roti tawar putih atau roti tawar gandum? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Roti tawar sebagai alternatif makanan sumber karbohidrat

Anda tentu sudah mengenal, bahwa roti tawar merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, sehingga roti tawar tidak hanya dikonsumsi sebagai camilan namun juga mulai umum digunakan sebagai pengganti nasi.

Roti tawar secara umum lebih praktis, awet, dan cocok dipadukan dengan berbagai jenis bahan makanan.

doktersehat-roti-tawar-madu
Photo Credit: TheCulinaryGeek

Selain itu, kandungan gizi yang ada pada roti tawar juga bersaing dengan kandungan gizi bahan makanan pokok lain. Lazimnya, roti tawar mengandung serat yang lebih tinggi serta dilengkapi dengan kandungan vitamin B kompleks dan mineral.

Roti tawar kini mulai divariasikan, kita bisa dengan mudah menemukan roti tawar dengan tambahan berbagai rasa, misalnya roti tawar pandan, atau tawar cokelat. Akan tetapi, yang paling umum dipilih adalah roti tawar putih dan roti tawar gandum, yang tanpa rasa sehingga lebih cocok dikonsumsi sebagai makanan pokok.

Lantas, mana yang lebih sehat antara roti tawar putih dengan roti tawar gandum?

Berikut, beberapa perbedaan kandungan zat dan gizi yang ada antara roti tawar gandum dan roti tawar putih:

1. Kandungan karbohidrat yang lebih tinggi pada roti tawar putih

Sebagai makanan sumber karbohidrat, kandungan yang ada pada kedua jenis roti tawar ini cukup berbeda.

Berdasarakan US Departement of Agriculture, dalam 100 gram roti tawar putih terdapat 49 gram kandungan karbohidrat, sedangkan dalam berat yang sama, roti tawar gandum memiliki kandungan karbohidrat sebesar 41 gram karbohidrat.

Hal ini membuat roti tawar gandum lebih rendah kandungan karbohidratnya.

2. Kandungan kalori yang lebih rendah roti tawar gandum

Kandungan karbohidrat pada suatu bahan makanan, umumnya dapat berpengaruh pada kandungan kalori makanan.

Roti-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Alan Levine

Kandungan karbohidrat roti gandum yang rendah membuat kandungan kalorinya juga lebih rendah. Dalam 100 gram roti tawar gandum, terdapat 247 gram kkal, sedangkan pada roti tawar putih, kandungan kalorinya lebih tinggi yaitu 264 kkal dalam berat yang sama.

3. Kandungan indeks glikemik roti tawar putih lebih tinggi

Indeks glikemik merupakan hal yang penting diperhatikan dalam memilih makanan berkarbohidrat, mengingat indeks glikemik dapat membuat kadar gula dalam tubuh menjadi cepat naik.

Bahan baku dan pengolahan yang berbeda membuat roti putih memiliki kandungan indeks glikemik yang lebih tinggi, yaitu 80 dalam 100 gram roti putih. Sedangkan pada roti gandum, memiliki kandungan indeks glikemik sebesar 49.

4. Kandungan serat dan vitamin pada roti tawar gandum yang lebih tinggi

Roti tawar gandum umumnya mengalami proses pengolahan yang lebih sedikit ketimbang roti tawar putih.

Hal ini membuat roti tawar gandum mampu mempertahankan kandungan serat, vitamin B kompleks, serta mineralnya. Berbeda dengan roti tawar putih yang diolah dengan proses yang banyak dan cukup lama, sehingga kandungan gizinya sedikit banyak juga akan terpengaruh.

Nah, dari empat poin penjelasan di atas kita tentu bisa menyimpulkan bahwa roti tawar gandum memiliki kandungan kalori dan indeks glikemik yang lebih rendah dan lebih kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral, bukan?