Terbit: 3 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Roti termasuk dalam makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Sebagaimana nasi, roti dianggap sebagai makanan dengan kadar indeks glikemik yang tinggi sehingga dikhawatirkan bisa memicu lonjakan gula darah. Padahal, jika sampai kadar gula darah melonjak tak terkendali, maka risiko untuk terkena komplikasi akan meningkat.

Roti Ini Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Dilansir dari Medical Daily, ternyata ada beberapa jenis roti yang masih aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Salah satunya adalah roti gandum. Roti ini kaya akan kandungan serat yang cenderung tidak mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini akan membantu tubuh merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama setelah mengonsumsinya.

Roti gandum utuh ternyata juga akan menghambat kenaikan kadar gula darah setelah makan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan serat larut di dalamnya. Hanya saja, meskipun sangat baik bagi penderita diabetes, roti gandum juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga ada baiknya kita tidak mengonsumsinya dengan berlebihan.

Roti jenis lainnya yang terbuat dari bahan biji-bijian seperti gandum utuh, quinoa, hingga beras merah juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Berbeda dengan roti pada umumnya yang terbuat dari bahan tepung putih, roti yang terbuat dari bahan biji-bijian ini kaya akan serat, seng, vitamin E, dan protein yang sangat menyehatkan.

Roti lain yang direkomendasikan bagi penderita diabetes adalah roti tortilla. Roti yang berbentuk pipih ini dibuat dari jagung giling dan dibuat tanpa memakai proses ragi. Tortilla juga kini bisa ditemukan dari bahan sehat lainnya seperti kedelai atau gandum. Satu hal yang pasti, makan tortilla tidak akan mudah meningkatkan lonjakan kadar gula darah dengan cepat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi