Terbit: 28 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rosemary merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan di kawasan Mediterania. Kendati demikian, tanaman satu ini juga dikenal sebagai salah satu bahan baku obat tradisional yang ampuh mengatasi beberapa macam penyakit. Tidak heran jika Rosemary kerap diolah menjadi suplemen atau pun minyak esensial agar lebih mudah digunakan. Bicara soal minyak Rosemary, minyak satu ini juga dipercaya sebagai bahan alami yang ampuh merawat dan menjaga kesehatan rambut. Berikut sejumlah manfaat dari penggunaan minyak Rosemary.

Manfaat Minyak Rosemary untuk Rambut

1. Meredakan Peradangan pada Kulit Kepala

Kulit kepala yang mengalami peradangan akan memberikan dampak buruk pada kesehatan rambut. Biasanya, kondisi yang demikian disebabkan oleh sejumlah masalah mulai dari ketombe, eksim hingga psoriasis. Akibatnya, rambut akan mengalami penipisan atau menjadi mudah rontok. Salah satu untuk mengatasinya adalah dengan mengaplikasikan minyak Rosemary. Minyak satu ini dikenal dengan kandungan zat anti peradangan yang ampuh meredakan ruam atau pun peradangan pada kulit.

2. Melembapkan Kulit Kepala dan Rambut

Tidak hanya itu saja, kandungan moisturizer pada minyak Rosemary juga mengunci kelembapan sel kulit kepala serta folikel rambut. Tidak heran jika kulit kepala akan terasa lebih lembap dan terhindar dari sejumlah masalah. Lebih lanjut, penggunaan minyak Rosemary pada kulit kepala dan rambut juga mampu memperbaiki tekstur rambut. Jadi jangan heran jika rambut akan terasa lebih tebal dan lembut.

3. Mempercepat Proses Pertumbuhan Rambut

Dilansir dari laman Healthline, salah satu khasiat dari penggunaan minyak Rosemary adalah membantu merangsang pembentukan sel rambut yang baru. Tentu saja hal ini akan mempercepat proses pertumbuhan rambut. Tidak heran jika sejumlah produk perawatan untuk rambut yang menipis atau botak kerap dilengkapi dengan tambahan minyak Rosemary.

Anda yang tertarik dengan manfaat minyak Rosemary ternyata dapat menggunakannya dengan beragam cara. Minyak satu ini bisa langsung diaplikasikan pada kulit kepala dan batang rambut. Bisa juga mengombinasikannya terlebih dahulu pada produk perawatan rambut yang biasa digunakan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi