Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal minyak esensial, bahan alami satu ini tentu memiliki jenis yang sangat beragam. Tidak hanya terbuat dari tanaman herbal saja, banyak juga minyak esensial yang dihasilkan dari ekstraksi bunga. Salah satunya adalah Rose Geranium oil.

Khasiat Rose Geranium Oil yang Wajib Anda Ketahui

Minyak Esensial satu ini merupakan hasil ekstraksi dari sejenis tumbuhan geranium yang memiliki aroma khas seperti bunga mawar. Tidak heran jika Rose Geranium oil biasa digunakan sebagai minyak aromaterapi. Kendati demikian, minyak satu ini rupanya memiliki khasiat yang cukup beragam, terutama untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit.

1. Ampuh Membasmi Jerawat

Dilansir dari laman The Fushion Model, Rose Geranium oil merupakan salah satu monyak esensial yang dilengkapi dengan zat anti-bakteri. Tidak heran jika minyak satu ini kerap digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Termasuk masalah kulit berjerawat. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, jerawat juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri P. Acnes.

Bakteri satu ini akan membuat kulit mengeluarkan sebum lebih banyak dari biasanya dan menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit. Jika dibiarkan, maka kulit akan mengalami peradangan yang menimbulkan jerawat dengan kondisi yang parah. Terkadang, jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri juga akan disertai dengan rasa gatal dan tidak jarang diisi dengan nanah.

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Tidak hanya ampuh dalam mengatasi masalah kulit berjerawat, Rose Geranium oil ternyata juga ampuh dalam menjaga kelembapan sel-sel kulit. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan moisturizer yang cukup tinggi pada Rose Geranium oil. Lebih lanjut, minyak esensial ini juga dilengkapi dengan kandungan zat-zat yang bersifat sebagai hydrator yang akan menjaga sel-sel kulit tetap terasa lembap.

Kondisi tersebut tentu saja akan menghindarkan kulit dari risiko kulit kering yang rentan memicu sejumlah masalah seperti breakout, kulit mengelupas hingga psoriasis. Tambahan lainnya, kulit yang lembap biasanya juga menjadikan kulit terlihat lebih lembap dan kenyal.

Bicara soal Rose Geranium oil, bahan alami satu ini dapat digunakan langsung pada kulit Anda. Kendati demikian, Anda juga dapat mengombinasikannya dengan bahan-bahan alami lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Jangan lupa pula untuk menghunakannya secara rutin agar mendapat hasil yang lebih memuaskan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi