Begini Cara Rokok Menyebabkan Diabetes

bahaya_rokok_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/julieeb

DokterSehat.Com– Slogan ‘Merokok Bisa Membunuhmu’ bukanlah kiasan belaka. Slogan ini benar-benar nyata karena dalam realitanya, rokok bisa memicu datangnya penyakit yang berbahaya. Bahkan, kebiasaan ini dianggap mampu menyebabkan datangnya diabetes, penyakit yang lebih erat kaitannya dengan pola makan yang tidak sehat, khususnya dalam hal mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dan kaya gula.

Saat kita mengisap asap rokok, maka kita juga memasukkan berbagai zat kimia berbahaya ke dalam tubuh yang bisa mendatangkan masalah kesehatan. Sebagai contoh, kita memasukkan tar dan nikotin, kandungan beracun yang ternyata bisa mempengaruhi fungsi insulin dengan signifikan di dalam  tubuh. Yang menjadi masalah adalah, selain nikotin, terdapat 4.500 racun lainnya yang akan masuk ke dalam tubuh setiap kali kita mengisap rokok dan semuanya bisa merusak insulin dengan cepat.

Jika sampai fungsi insulin rusak atau bahkan organ yang memproduksi insulin, yakni pankreas mengalami kerusakan akibat terpapar asap rokok, maka kadar gula di dalam darah akan melonjak dalam waktu yang lama. Padahal, kadar gula yang tinggi di dalam darah akan merusak berbagai organ dan sistem di dalam tubuh sehingga akhirnya memicu datangnya diabetes.

Selain perokok aktif, mereka yang menjadi perokok pasif akibat sering terpapar oleh asap rokok dari anggota keluarga atau teman ternyata juga akan mengalami peningkatan risiko terkena diabetes. Hal ini berarti, selain berbahaya bagi diri sendiri, merokok memang bisa membahayakan orang-orang terdekat.

Selain berhenti merokok, setiap orang harus menjaga gaya hidup sehat, khususnya dalam hal menjaga pola makan, waktu istirahat, dan kebiasaan berolahraga demi mencegah datangnya diabetes dengan lebih baik.