5 Ritual Sederhana yang Wajib Dilakukan Wanita Usai Bercinta

doktersehat perawatan vagina

DokterSehat.Com – Setelah bercinta dengan pasangan, wanita dilarang langsung tidur tanpa melakukan ritual kebersihan yang wajib. Langsung tidur akan membuat wanita berpeluang mengalami infeksi bakteri dan menyebabkan terjadinya keputihan atau infeksi saluran kemih yang bisa berbahaya untuk tubuh khususnya organ ginjal.

Nah, agar wanita tidak mengalami hal buruk usai bercinta dengan pasangannya, jangan tidur meski sangat mengantuk. Lakukan dahulu beberapa ritual sederhana di bawah ini agar vagina selalu bersih dan membuat tidur juga lebih nyenyak. Kalau Anda belum terbiasa dengan beberapa hal di bawah ini coba lakukan pelan-pelan agar tidak ada masalah vagina yang sebenarnya bisa dicegah.

  1. Langsung buang air kecil

Setelah bercinta dan merasakan orgasme, wanita disarankan untuk langsung buang air kecil. Anda tidak perlu menunggu selama beberapa saat karena takut pembuahan tidak berjalan. Saluran untuk masuknya sperma dan urine berbeda sehingga langsung kencing tidak akan membuat sperma keluar semuanya.

Saat kencing justru bakteri, kotoran, dan pelumas yang berlebihan bisa keluar dengan mudah. Anda tidak perlu membersihkan rongga di dalam karena sebagian besar sudah keluar bersamaan dengan urine. Jangan tidur sebelum buang air kecil, ya!

  1. Bersihkan vagina dengan benar

Setelah buang air kecil, bersihkan vagina dari kotoran yang masih tersisa. Kotoran ini kalau tidak dibersihkan bisa mengering di dalam vagina dan menjadi kerak. Anda akan sering merasakan gatal atau perasaan tidak nyaman lain karena ini. Sebelum semuanya mengering segera bersihkan dengan air.

Oh ya, karena vagina cukup sensitif dengan radikal bebas dan zat kimia, jangan menggunakan sabun dengan kandungan zat kimia atau pewangi. Gunakan sabun biasa yang tidak akan membunuh flora normal yang ada di dalam vagina dan mempersilakan bakteri berbahaya dari luar untuk masuk.

  1. Mengganti semua pakaian

Saat bercinta dengan pasangan dan foreplay dilakukan saat masih mengenakan pakaian, cairan kemaluan akan menempel pada pakaian khususnya celana dalam. Kalau Anda tetap mengenakannya, kemungkinan terjadi infeksi bakteri yang tumbuh dari pakaian kotor akan tinggi. Bakteri kan mudah masuk ke vagina dan menyebabkan masalah yang pelik.

Setelah bercinta, usahakan mengenakan pakaian baru. Pakaian ini membuat Anda tidur dengan lebih aman dan juga nyaman. Selain itu, Anda juga bisa lebih nyenyak saat tidur dan tidak diganggu dengan perasaan gatal.

  1. Tidur tanpa celana dalam

Saat bercinta, vagina akan bergesek dengan penis selama beberapa menit. Gesekan ini memang memberikan nikmat, tapi juga membuat vagina mengalami pembengkakan ringan. Kalau penetrasi berjalan dengan cukup kuat, ada kemungkinan vagina alami sedikit luka atau cedera.

Agar penyembuhan vagina berjalan dengan lancar, ada baiknya untuk tidur tanpa celana dalam. Biarkan sirkulasi udara di dalam celana berjalan dengan lancar dan vagina jadi lebih relaks dan segar esok harinya.

  1. Mengonsumsi makanan sehat

Setelah bercinta dan Anda tidak bisa buang air kecil, ada baiknya untuk segera minum air putih sebanyak 1-2 gelas. Dalam hitungan menit Anda akan segera kencing dan kotoran di dalam tubuh dikeluarkan dengan mudah.

Selanjutnya Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan dan penyembuhan vagina. Makanan atau minuman jenis probiotik seperti yoghurt bisa dikonsumsi bersamaan dengan buah-buahan yang segar dalam bentuk salat atau smoothies.

Nah, apa kebiasaan atau ritual yang dilakukan usai bercinta dengan pasangan? Sebisa mungkin untuk segera membersihkan diri agar tubuh tidak terinfeksi bakteri dan tidur jadi lebih nyenyak.