Obat Ritonavir/Obat Antiretroviral: Indikasi & Efek Samping Berat

Obat Ritonavir/Obat Antiretroviral untuk HIV

Pernahkah Anda mendengar tentang obat Ritonavir? Ritonavir obat apa? Tahukah Anda jika fungsi dan manfaat obat Ritonavir ini dapat memperpanjang harapan hidup para penderita HIV?

Anda tentu tidak asing dengan nama penyakit Human Immunodeficieny Virus atau yang lebih dikenal dengan sebutan HIV. Anda juga pasti tidak asing lagi dengan penyakit Acquired immunodeficiency Syndrome atau yang dikenal sebagai AIDS. Sampai saat ini, belum ada satu pun obat untuk menyembuhkan total penderita HIV atau AIDS. Berbagai penelitian sering dilakukan untuk mencari obat yang tepat dalam mengobati penyakit tersebut. Namun pada kenyataannya, obat untuk mengobati HIV belum juga ditemukan oleh para ahli medis di dunia.

Lalu bagaimana dengan pasien yang divonis mengidap penyakit tersebut? Apakah mereka akan menyerah dalam bertahan hidup? Tentu saja tidak. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, masih ada obat yang cukup ampuh untuk memperpanjang harapan hidup penderita penyakit HIV atau pun AIDS. Sekalipun tidak dapat menyembuhkan penyakit tersebut, tetapi obat ini mampu menaikan kualitas hidup penderita hingga mampu beraktivitas dengan baik di kehidupan sehari-hari. Salah satu dari obat untuk penderita HIV/AIDS ini adalah obat Ritonavir.

Ritonavir Obat Apa?

Obat Ritonavir adalah obat antiviral yang mencegah virus human immunodeficieny virus (HIV) berkembang biak di dalam tubuh penderita HIV. Obat Ritonavir digunakan untuk menanganai HIV, virus yang menyebabkan acquired immunodeficiency syndrome (AIDS).  Dokter akan memberikan obat ini ketika seseorang divonis mengidap penyakit HIV atau pun AIDS. Obat tersebut juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Obat Ritonavir adalah obat khusus resep yang hanya bisa Anda dapatkan dari resep dokter. Konsumsi obat Ritonavir ini sesuai dengan keadaan tubuh Anda. Segera hubungi dokter Anda jika Anda merasakan manfaat atau efek samping dari penggunaan obat tersebut.

Setelah Anda mengetahui obat Ritonavir obat apa, maka Anda juga harus mengetahui manfaat dan fungsi dari penggunaan obat Ritonavir. Tahukah Anda mengenai hal tersebut? Jika belum, informasi di bawah ini akan menambah pengetahuan Anda tentang obat yang dapat digunakan untuk merawat penyakit HIV atau pun AIDS.

Fungsi Ritonavir & Manfaat Ritonavir

Manfaat obat Ritonavir adalah menangani penderita AIDS dan HIV, bukan obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Sementara fungsi Ritonavir adalah membantu mengurangi kadar HIV dalam tubuh sehinggan sistem kekebalan tubuh dapat bekerja lebih baik, sehingga akan menurunkan kemungkinan terkena komplikasi HIV (seperti kanker atau infeksi baru) dan meningkatkan kualitas hidup pengidap HIV atau AIDS.

Setelah Anda mengetahui fungsi Ritonavir dan manfaat Ritonavir, mari kenali juga informasi mengenai efek samping yang mungkin Anda dapatkan setelah mengkonsumsi obat Ritonavir di bawah ini.

Nama dagang: Norvir
Nama generik: Ritonavir
Sediaan: Kapsul oval 100 mg

Ritonavir juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Efek Samping Obat Ritonavir (Norvir)

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini:

  • Gatal-gatal
  • Sulit bernafas
  • Pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan

Berhenti mengkonsumsi ritonavir dan segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti berikut:

  • Denyut jantung lambat atau tidak teratur, merasa seperti ingin pingsan
  • Peningkatan buang air kecil atau peningkatan rasa haus yang parah
  • Mudah memar atau berdarah (mimisan atau gusi berdarah)
  • Tanda-tanda infeksi yang baru terjadi, seperti demam atau menggigil, batuk, atau gejala flu
  • Denyut jantung cepat, keringat yang meningkat, tremor pada tangan, kegelisahan, merasa mudah tersinggung, masalah tidur (insomnia)

  • Diare, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, perubahan menstruasi, impotensi, kehilangan minat seks
  • Bengkak di leher atau tenggorokan Anda (kelenjar gondok yang membesar)
  • Kelemahan otot, perasaan lelah, kesulitan berbicara atau menelan, nyeri sendi atau nyeri otot, sesak nafas
  • Kelemahan atau perasaan tertusuk pada jari tangan atau jari kaki
  • Masalah dengan berjalan, bernapas, berbicara, menelan, atau gerakan mata
  • Sakit punggung bawah yang parah, kehilangan kontrol untuk pipis atau buang air besar
  • Nyeri hebat di perut bagian atas dan menyebar ke punggung, muntah, denyut jantung cepat
  • Mual, gatal, kehilangan nafsu makan, urine gelap, kotoran berwarna tanah liat, sakit kuning (menguningnya kulit atau mata)
  • Reaksi kulit yang parah – demam, sakit tenggorokan, bengkak di wajah atau lidah, terbakar di mata, sakit pada kulit, diikuti ruam kulit merah atau ungu yang menyebar (terutama di wajah atau di bagian atas) dan menyebabkan kulit mengelupas dan perih.

Segera hubungi dokter untuk meminta bantuan medis jika Anda mengalami beberapa efek samping dari penggunaan obat Ritonavir yang dicantumkan di atas. Untuk Anda yang masih penasaran tentang info lainnya tentang obat ini, Anda dapat membaca pada halaman selanjutnya.

Obat Ritonavir – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4   5