Terbit: 23 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Seks oral adalah salah satu bentuk aktivitas seksual yang menarik dan memberikan kenikmatan besar pada pria atau wanita. Seks jenis ini banyak dimasukkan pada fase pemanasan atau foreplay karena bisa memberikan rangsangan yang lebih besar sehingga pria dan wanita bisa siapa secara seksual sebelum memulai penetrasi.

5 Risiko Seks Oral yang Sering Diabaikan oleh Pasutri

Meski seks oral memberikan kenikmatan yang besar, ada segudang risiko yang akan dialami oleh pria atau wanita kalau melakukannya dengan sembrono. Seks oral yang aman harus dilakukan dengan bantuan kondom dan dental dam. Kalau seks oral dilakukan polosan, risiko yang besar bisa saja mengintai.

Berikut lima risiko seks oral yang sering diabaikan oleh pasutri.

  1. Penularan virus HPV

HPV adalah salah satu virus yang mudah sekali menular saat hubungan seksual khususnya seks oral. Virus ini bisa masuk dengan mudah ke dalam mulut dan akhirnya menimbulkan cukup banyak masalah fatal seperti kanker tenggorokan dan kanker serviks yang banyak menyerang wanita.

Sebenarnya virus HPV sendiri bisa dengan mudah dihilangkan oleh sistem kekebalan tubuh. Virus akan dikikis sedikit demi sedikit hingga habis. Namun, virus dengan strain tertentu memiliki kekebalan yang cukup tinggi sehingga bisa hidup lama dan menyebabkan banyak penyakit berbahaya dan kutil kelamin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  1. Penularan hepatitis

Penyakit selanjutnya yang bisa menular melalui seks oral adalah hepatitis. Beberapa jenis hepatitis seperti hepatitis B mudah sekali menularkan virusnya melalui aktivitas seksual apa pun jenisnya. Selama ada pertukaran cairan tubuh seperti mani dan cairan vagina virus bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh sedikit demi sedikit.

Oh ya, penularan hepatitis ini akan semakin mudah terjadi kalau di dalam rongga mulut ada luka. Luka ini akan memudahkan virus masuk ke dalam tubuh dan akhirnya menginfeksi penerimanya.

  1. Penularan penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual tidak hanya menyebar melalui aktivitas penetrasi saat seks. Virus juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui mulut saat melakukan seks oral yang salah. Kalau di dalam mulut ada luka atau gigi berlubang, virus mudah masuk dan menyebabkan gangguan.

Penyakit seksual yang bisa menular dengan metode ini adalah HIV, gonore, dan klamidia. Begitu masuk ke dalam tubuh, penyakit ini akan langsung menginfeksi dan menyebabkan gangguan yang cukup besar. Jadi, selalu berhati-hatilah saat melakukan seks oral tanpa pengaman.

  1. Infeksi karena gigitan

Saat melakukan seks oral, pasangan akan saling memberikan stimulus dengan menggunakan rongga mulut, lidah, dan juga gigi. Kalau stimulus yang diberikan tidak terlalu intens, rasa nikmat yang didapatkan akan besar. Namun, kalau stimulasinya terlalu intens, gigitan bisa saja terjadi.

Gigitan yang terjadi saat seks oral cukup berbahaya dan bisa menyebabkan infeksi. Terlebih alat vital dikenal cukup sensitif dan memiliki cukup banyak ujung saraf.

  1. Penularan herpes genitalis

Penyakit terakhir yang bisa menular dengan mudah melalui seks oral adalah herpes yang terjadi pada alat vital. Herpes adalah virus yang menyebabkan alat vital menjadi memerah seperti terbakar dan tubuh mengalami demam tinggi. Kondisi akan terjadi selama beberapa hari kalau tidak segera disembuhkan.

Oh ya, herpes genitalis bisa kambuh hingga berkali-kali. Sekali terkena virus, Anda akan terus mengalami kondisi terburuknya. Salah satu cara untuk bisa hidup normal dari gangguan herpes adalah menjaga kondisi tubuh agar selalu baik dan sempurna.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang kerap sembrono saat melakukan seks oral. Mari lebih memperhatikan kesehatan seksual agar gangguannya bisa dihindari.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi