Terbit: 10 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, ibu hamil mungkin akan banyak mengalami rasa ketidaknyamanan. Salah satu cara untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut adalah dengan menggunakan korset penyangga perut.

Risiko dan Manfaat Korset Penyangga Perut bagi Ibu Hamil

Manfaat korset kehamilan

Saat kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga, umumya mulai muncul nyeri punggung dan perut bagian bawah. Rasa nyeri ini umumnya disebabkan oleh kenaikan berat badan, perubahan hormon, postrur tubuh, dan lain-lain. Penggunaan korset penyangga perut saat hamil dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri tersebut.

Manfaat lain dari penggunaan korset kehamilan adalah dapat memperbaiki postur tubuh. Korset dapat membantu mencegah tekanan berlebih pada punggung bagian bawah. Semakin mendekati kelahiran, tekanan pada daerah tersebut akan semakin besar karena janin mendorong ke bawah. Daerah panggul dan sekitarnya akan lebih sering terasa nyeri. Dengan menggunakan korset, badan akan jadi lebih tegak dan lebih mudah untuk bergerak. Selain itu, korset kehamilan juga dapat digunakan setelah melahirkan untuk memperkuat otot perut dan punggung bawah.

Risiko menggunakan korset kehamilan

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun korset kehamilan juga memiliki risiko yang perlu diwaspadai. Terlalu sering menggunakan korset hamil dapat melemahkan otot punggung dan menyebabkan sakit punggung dalam jangka panjang.

Penggunaan korset yang terlalu ketat juga dapat membahayakan janin bila dipakai dalam jangka waktu lama. Selain menekan janin, korset juga dapat menekan perut menyebabkan gangguan saluran pencernaan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Tips menggunakan korset kehamilan

Agar penggunaan korset kehamilan tidak menyebabkan gangguan pada janin, maka sebaiknya Anda tidak menggunakannya dalam waktu lama setiap hari. Para ahli menyarankan untuk menggunakannya setiap 3 jam sekali, lalu lepaskan dan biarkan perut Anda beristirahat sebelum mengenakannya lagi.

Bagi Anda yang masih ragu penggunaan korset kehamilan ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi