Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa sih yang bisa tenang saat sedang terkena masalah konstipasi atau susah buang air besar? Perut yang terasa tidak nyaman seharian tentu akan membuat aktivitas harian kita menjadi terganggu. Sebenarnya, apakah ada makanan yang bisa membantu kita mengatasi masalah konstipasi ini dengan efektif?

Ringankan Konstipasi dengan Mengonsumsi Makanan-Makanan Ini

Men’s Health menulis, pakar kesehatan Sharon Palmer, R.D.N., menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat yang bisa membantu usus bergerak dengan lebih baik dan memperbanyak air minum. Berikut adalah beberapa makanan kaya serat yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi masalah kesehatan ini.

  1. Brokoli

Brokoli dikenal luas sebagai salah satu makanan yang paling sehat bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin, protein, dan serat di dalamnya. Mengonsumsi brokoli secara teratur bisa membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

  1. Oatmeal

Oatmeal dan berbagai makanan gandum utuh lainnya kaya akan kandungan serat yang mampu membuat kotoran menjadi lebih lunak sehingga bisa dikeluarkan usus dengan jauh lebih mudah.

  1. Bayam

Semangkuk bayam memiliki kandungan 4 gram serat dan nutrisi sehat lainnya seperti magnesium, sejenis mineral yang juga bisa melancarkan pergerakan usus. Hal ini berarti, mengonsumsi bayam bisa membantu mengatasi masalah konstipasi dengan efektif.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Kacang-kacangan

Palmer berkata jika kacang-kacangan seperti kacang pistasio, kacang tanah, kacang almond, dan walnut sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari karena kaya akan protein dan lemak sehat. Bahkan, mengonsumsi setengah cangkir kacang almond sudah mampu membuat kita mendapatkan 9 gram serat.

  1. Buah pir

Buah pir kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, dan serat. Di dalam satu buah pir saja kita sudah bisa mendapatkan 5,5 gram serat sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat terkena sembelit.

  1. Buah apel

Sebagaimana pir, apel juga kaya akan serat, khususnya di kulitnya yang bisa mencapai 3,6 gram. Mengonsumsinya bisa dengan efektif menurunkan masalah susah buang air besar.

Jangan langsung terburu-buru minum obat pencahar saat terkena konstipasi ya? Ternyata ada banyak makanan yang mudah kita dapatkan yang bisa mengatasinya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi