Terbit: 25 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Setiap awal tahun kita kerap membuat resolusi yang ingin dicapai. Ada yang membuat resolusi besar seperti menikah, memiliki momongan, hingga memiliki rumah sendiri. Selanjutnya ada juga yang memiliki resolusi dalam bentuk peningkatan gaya hidup dan kesehatan.

7 Resolusi Sehat Sederhana untuk Menyambut Tahun Baru

Nah, terlepas apa pun resolusi hidup Anda untuk satu tahun ke depan, selalu masukkan kesehatan di dalamnya. Mengapa kesehatan? Karena sakit sangat menguras tenaga dan biaya. Oleh karena itu memiliki gaya hidup sehat adalah resolusi terbaik untuk masa depan.

Resolusi terbaik untuk menyambut tahun baru

Memulai resolusi kesehatan seperti melakukan gaya hidup sehat akan meningkatkan ekspektasi hidup. Selain itu, berbagai penyakit berbahaya juga bisa dicegah. Berikut beberapa resolusi kesehatan yang bisa Anda lakukan.

  1. Mengelola stres lebih baik

Mengelola stres adalah hal wajib kalau Anda ingin membuat resolusi sehat di tahun depan. Tubuh yang terus mengalami tekanan akan membuat Anda jadi sembrono. Walhasil perkembangan yang sudah dimiliki jadi hancur begitu saja. Misal saat Anda sedang diet dan karena stres jadi makan sembarangan.

Stres bisa menyebabkan suasana hati dan juga pola tidur. Kalau Anda mengalami stres, kemungkinan tidur berkualitas akan rendah. Dampak lanjutan dari gangguan ini adalah tubuh lemas dan daya tahan tubuh anjlok.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Mengatur pola makan dengan baik

Sebenarnya kalau mau memiliki badan yang ideal, kita hanya perlu mengatur pola makan saja. Diet bisa dilakukan kalau Anda ingin menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Pengaturan makan ini harus dilakukan sejak awal agar tubuh terbiasa.

Misal Anda tidak ingin terkena diabetes karena memiliki riwayat dari keluarga. Atur pola makan dengan tidak mengonsumsi karbohidrat sederhana dan sesuatu yang terlalu manis seperti garam meja. Selanjutnya sayur hijau diperbanyak dan menjauhi minyak dan santan.

  1. Jalan kaki setiap pagi atau sore

Tidak semua orang memiliki waktu luang untuk berolahraga. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk menyiasatinya dengan jalan kaki atau jogging ringan setiap pagi atau sore. Lakukan aktivitas ini selama 10-15 menit saja. Anda bisa bangun agak pagi atau menyempatkan olahraga sepulang kerja.

Meski jalan kaki atau jogging terlihat ringan, olahraga ini memiliki banyak manfaat. Kemampuan kardiovaskular akan naik sehingga Anda tidak akan mudah sakit karena daya tahan tubuh terus meningkat.

  1. Olahraga seminggu 3 kali

Kalau Anda memiliki waktu yang cukup longgar pada pagi dan sore hari lakukan olahraga yang cukup intens sebanyak minimal 3 kali seminggu. Olahraga ini bisa dalam bentuk basket, renang, sprinter, atau melakukan angkat beban di tempat fitness.

Dengan olahraga ini, peredaran darah akan membaik. Anda tidak akan mudah sakit sehingga aktivitas penting tidak akan terganggu. Terakhir, olahraga yang cukup intens membuat Anda berkesempatan memiliki badan yang lebih indah.

  1. Menghindari kopi dan minuman soda

Kopi memang baik untuk kesehatan karena bisa memberikan dorongan semangat. Namun, kalau dikonsumsi berlebihan membuat Anda jadi ketagihan. Dampak dari kondisi ini adalah kenaikan detak jantung, pusing, mual, hingga perubahan emosi seperti emosi.

Selanjutnya minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan karena mengandung banyak gula. Mengonsumsi banyak minuman bersoda bisa membuat Anda jadi obesitas. Selain itu peluang mengalami diabetes juga cukup tinggi sehingga sejak awal tahun kurangi atau hentikan konsumsinya.

  1. Menghentikan kebiasaan merokok

Kalau Anda hari ini merokok, ada baiknya untuk menghentikan hal ini perlahan-lahan. Kecanduan rokok tidak bisa berhenti dengan menyetop pemakaian. Yang akan terjadi adalah perasaan tidak nyaman hingga pusing.

Lakukan perlahan-lahan dengan mengurangi jumlahnya. Lambat laun ketergantungan Anda pada rokok akan menurun dan tubuh menjadi sehat dan bugar kembali. Gunakan target jangka pendek dan panjang dalam setahun untuk menghentikan konsumsi rokok dengan baik.

  1. Rutin melakukan pengecekan kesehatan

Satu hal yang harus Anda ketahui kalau ingin hidup sehat. Tidak semua penyakit menunjukkan gejala di awal perkembangannya. Seringnya penyakit sudah parah lalu gejala muncul. Kalau sudah ada pada tahap ini, penyembuhan akan susah dilakukan.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah pengecekan diri. Setiap setahun sekali atau dua kali lakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Dengan pengecekan ini, Anda bisa tahu kalau semisal ada masalah dan segera diatasi.

Tips konsisten dengan resolusi kesehatan

Kita bisa membuat resolusi kesehatan dengan mudah. Namun, untuk terus melakukannya dibutuhkan konsistensi yang tinggi. Nah, agar tidak salah terus-menerus, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Memiliki teman yang membuat resolusi hampir sama. Misal Anda memiliki rencana untuk melakukan lari pagi. Miliki teman dengan resolusi sama agar bisa saling membantu.
  • Ingat kembali mengapa Anda ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Setiap orang memiliki alasannya sendiri-sendiri. Ada yang melakukan resolusi untuk menurun berat badan, terhindar dari penyakit tertentu, dan lainnya.
  • Selalu mencatat segala perubahan yang terjadi. Misal Anda berniat menurunkan berat badan. Ada baiknya untuk melakukan pencatatan per minggu agar perkembangannya diketahui.
  • Buat catatan atau langkah-langkah untuk memulai resolusi sehat. Misal membuat jadwal makan sesuai jam. Jadwal minum agar bisa 2 liter per hari hingga membuat target singkat atau target jangka panjang.
  • Jangan terlalu memanjakan dan memaafkan kesalahan yang dilakukan. Terkadang saat ingin diet lalu makan sesuatu yang dilarang, Anda menganggapnya biasa saja.

Inilah beberapa resolusi sehat untuk tahun depan yang bisa Anda lakukan. Nah, dari beberapa resolusi di atas, adakah yang pernah Anda lakukan, tapi gagal? Semoga tahun ini resolusi itu bisa dilanjutkan dan berhasil, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi