Bikin Sendiri di Rumah, Ini Resep Sate Maranggi Empuk, Sehat, dan Lezat!

resep-sate-maranggi-doktersehat

DokterSehat.Com – Sate maranggi adalah makanan khas Purwakarta, tapi siapa bilang Anda harus pergi jauh ke sana untuk menikmatinya? Seperti jenis sate lainnya, resep sate maranggi sebenarnya bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Penasaran? Yuk, simak resep bumbu sate maranggi lezat berikut ini!

Sejarah Sate Maranggi

Sate maranggi adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Purwakarta.

Menurut Setiawan (2017) dalam Sate Maranggi: Kuliner Khas Kabupaten Purwakarta, pada dasarnya tidak terdapat sumber sejarah tertulis tentang sate maranggi itu sendiri. Sejarah sate maranggi yang ada berasal dari informan dan pakar kuliner yang meneliti kesamaan bahan dan proses sate maranggi dengan kuliner sejenis lainnya.

Penamaan “Maranggi” diduga berasal dari panggilan yang ditujukan pada seorang penjual sate Maranggi bernama Mak Anggi yang berasal dari Jawa Tengah. Beliau menjajakan sate di daerah Cianting pada sekitar tahun 1960-an. Penyebutan sate Mak Anggi berubah manjadi “Maranggi” karena pengucapannya lebih mudah.

Sate Maranggi telah dijajakan sejak tahun 1962 di daerah Plered, Purwakarta. Sedangkan di daerah Wanayasa, makanan sejenis sate maranggi mulai muncul pada tahun 1970. Selain menggunakan bahan dasar sate sapi dan kerbau, terdapat juga sate maranggi yang terbuat dari daging domba.

Dalam segi bumbu, sate maranggi diduga merupakan hasil asimilasi dengan budaya China, karena keduanya memiliki kesamaan dalam segi bumbu. Ditambah lagi, pendatang dari China diketahui sudah ada sejak dulu di Indonesia. Keberadaan mereka memberikan pengaruh pada budaya Indonesia, tak terkecuali dalam bidang kuliner.

Dulunya sate maranggi paling banyak dijajakan oleh penjual keliling dengan cara dipikul. Kini lebih banyak pengusaha sate yang memilih untuk menetap dan membuka kios sate. Namun beberapa kios sate maranggi masih menempatkan gerobak pikul di depan kiosnya sebagai ciri khas.

Resep Sate Maranggi

Resep sate maranggi dapat terbuat dari daging sapi, kerbau, maupun domba. Sate maranggi dengan bahan dasar daging sapi dapat dikatakan merupakan jenis sate maranggi yang paling populer.

Tidak perlu jauh pergi ke Purwakarta, Anda dapat mencoba resep sate maranggi asli berikut ini di rumah!

Resep sate sapi maranggi

Bahan utama:

  • 1000 gram daging sapi khas dalam, potong ukuran 1x2x2 cm
  • 2 sdm cuka
  • 50 ml kecap manis

Bahan bumbu I (haluskan):

  • 2 sdm ketumbar, sangrai
  • 8 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 1 sdt garam

Bahan bumbu II (haluskan):

  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 2 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih

Bahan saus:

  • 100 ml kecap manis
  • 1 Buah tomat
  • Cabai rawit (opsional)

Cara membuat:

  1. Campurkan daging  yang sudah dipotong-potong dengan kecap manis dan bumbu I, aduk rata, kemudian diamkan selama 2 jam hingga bumbu meresap.
  2. Tusuk potongan daging ke tusuk sate. Setiap satu tusuk sate berisikan 4 potong daging. Lakukan hingga potongan daging habis.
  3. Panggang sate di atas bara api sambil diolesi dengan sisa bumbu. Bola-balik sate hingga matang.
  4. Buat saus dengan cara mencampurkan bumbu saus dengan bumbu II hingga rata.
  5. Sate siap disajikan bersama dengan saus pelengkapnya.

Resep bumbu sate maranggi di atas pada dasarnya tidak memiliki ukuran mutlak. Anda bisa mengurangi atau menambahkan bumbu sesuai selera, terutama pada bagian saus pelengkapnya. Resep sate maranggi di atas adalah kurang lebih untuk 8 porsi, sangat cocok untuk disajikan sebagai hidangan utama keluarga Anda.

Apakah Sate Maranggi Baik untuk Kesehatan?

Konsumsi sate maranggi tentu tidak ada salahnya, asalkan pemilihan bahan dan konsumsinya tetap diperhatikan. Resep sate maranggi di atas menyarankan Anda untuk menggunakan jenis daging sapi khas dalam yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit. Manfaat daging sapi untuk kesehatan juga dapat dikatakan tidak sedikit.

Perlu diingat juga bahwa konsumsi makanan seperti sate yang diolah dengan cara dibakar memang sebaiknya dibatasi. Makanan yang dibakar dianggap bersifat karsinogenik atau dapat memicu kanker. Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi dan menyisihkan bagian sate yang terlalu gosong dan terkena arang secara langsung.

Itu dia resep sate maranggi asli yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

Sumber:

  1. Dapur Alma. 2013. 100 Resep Sate Nusantara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  2. Setiawan, Irvan. 2017. Sate Maranggi: Kuliner Khas Kabupaten Purwakarta. Bandung.