3 Resep Salad Buah Sederhana yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

resep-salad-buah-doktersehat

DokterSehat.Com – Salad merupakan salah satu menu terbaik untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Selain resep salad sayuran, terdapat juga berbagai macam resep salad buah yang bisa Anda coba buat di rumah. Salad sangat baik untuk diet karena buah merupakan makanan yang rendah kalori, namun memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

3 Resep Salad Buah Sederhana

Salad buah bisa dianggap sebagai cara yang berbeda untuk menikmati buah. Ada banyak sekali resep salad buah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Jika Anda ingin menjadikan salad buah sebagai salah satu menu diet Anda, tentunya membauat salad buah sendiri di rumah akan lebih efektif dari pada membelinya.

Ketika membuat salad buah sendiri, Anda bebas mengkreasikan jenis buah yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga bisa mengontrol seberapa banyak kalori yang terkandung dalam salad tersebut. Simak 3 resep salad enak dari buah-buahan yang cocok untuk diet berikut ini!

1. Resep salad buah mojito

Bahan:

  • 1 cangkir nanas potong
  • 1 cangkir apel potong
  • 1 cangkir buah berry (campuran blueberry, strawberry, blackberry atau berry lainnya)
  • 1 cangkir melon
  • 1 buah lemon
  • 3 lembar daun mint
  • 2 sdt gula pasir

Selain buah-buahan di atas, Anda bisa menambahkan buah lainnya seperti kiwi, semangka, atau jenis buah lainnya yang mengandung banyak air.

Cara membuat:

  1. Campurkan semua potongan buah nanas, apel, berry, dan melon dalam sebuah wadah.
  2. Campurkan daun mint, gula, dan perasan lemon dalam wadah lain. Campurkan hingga gula larut dan jangan lupa untuk hancurkan daun mint dengan tangan agar aromanya semakin keluar.
  3. Siramkan campuran air lemion ke atas potongan buah, sambil diaduk agar semuanya tercampur.
  4. Masukkan salad buah ke dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam sebelum disantap.

2.Resep salad buah mayonais

Bahan buah:

  • 1 cangkir buah peach potong
  • 1 buah kiwi
  • 1 buah pisang
  • 1 sdm biji wijen

Bahan saus:

  • 150 gr mayonais
  • 150 gr greek yogurt
  • 150 gr krimer kental manis putih
  • Keju parut (opsional)

Cara membuat:

  1. Campurkan semua buah yang sudah dipotong-potong ke dalam sebuah wadah.
  2. Campurkan mayonais, yogurt, dan krimer kental manis di wadah lainnya.
  3. Siramkan saus ke atas buah yang sudah dipotong-potong tersebut.
  4. Tambahkan parutan keju dan biji wijen atas salad untuk menambahkan cita rasa.
  5. Dinginkan dalam lemari es selama kurang lebih 1 jam sebelum disantap.

Salad buah dengan dressing mayonais termasuk ke dalam salad buah yang kalorinya cukup tinggi, sehingga lebih cocok untuk dikonsumsi dalam porsi kecil saja dan tidak untuk dikonsumsi setiap hari.

3. Resep salad buah dengan smoothies

Bahan smoothies:

  • 1 buah naga merah
  • 1 buah mangga
  • 1 buah pisang
  • ΒΌ cangkir santan

Bahan utama smoothies adalah pisan dan pada dasarnya bahan lain bisa divariasikan. Pilihan buah naga merah adalah untuk mendapatkan warna yang menarik pada smoothies. Selain buah naga merah, Anda juga bisa memilih buah lain yang memiliki warna tidak kalah meraik seperti blueberry atau alpukat.

Bahan topping:

  • 1 buah pisang
  • 1 cup strawberry, blackberry, dan blueberry
  • Kacang almond secukupnya
  • Granola secukupnya
  • Keju parut

Topping bisa diganti dan disesuaikan dengan selera Anda.

Cara membuat:

  1. Dinginkan buah naga merah, mangga, dan pisang selama satu malam dalam freezer.
  2. Keluarkan buah-buahan tersebut dari freezer kemudian diamkan selama 5 menit untuk menurunkan susunya.
  3. Hancurkan buah naga merah, mangga, dan pisang menggunakan blender. Masukkan perlahan santan sambil blender terus berputar.
  4. Setelah hancur, pindahkan smooties ke dalam sebuah wadah,
  5. Tambahkan topping sesuai selera di atas smoothies.

Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

Konsumsi buah-buahan setiap hari sangat direkomendasikan karena buah memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Rata-rata buah memiliki kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, kalium, mangan, dan juga kalsium. Buah juga mengandung banyak serat yang baik untuk memelihara sistem pencernaan.

Buah juga memiliki berbagai kandungan fitonutrien yang bertidak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Konsumsi buah secara rutin dapat memeliahara kesehatan secara keseluruhan. Pada dasarnya buah dapat dikonsumsi secara langsung, tetapi jika Anda mengolah buah menjadi salad buah, maka akan memberikan sensasi yang berbeda sehinngga tidak merasa bosan.

Resep salad buah juga merupakan menu yang tepat ketika Anda ingin mencampurkan buah dengan makanan lainnya seperti kacang-kacangan, yogurt, susu, keju, atau bahkan sayuran. Rasa yang dihasilkan juga tentunya akan lebih menyenangkan dibandingkan dengan konsumsi buah secara langsung.

Tips Mengonsumsi Salad Buah untuk Diet

Seperti yang sudah disebutkan dalam resep salad buah di atas, salad buah tidak hanya memiliki kandungan buah, tetapi juga terdapat kacang-kacangan, mayonais, keju yang masuk ke dalam bahan dressing salad buah. Banyak orang yang berpendapat bahwa dressing tertentu bisa menjadikan salad buah menjadi bukan lagi makanan sehat dan tentunya tidak cocok untuk menu diet menurunkan berat badan.

Hal ini tentunya tidak sepenuhnya benar. Jika Anda ingin mengonsumsi salad buah dengan dressing keju dan mayonais, maka tidak ada salahnya. Asalkan Anda dapat menghitung kalori dari keseluruhan salad buah yang Anda makan. Jika salad buah yang Anda makan sudah tinggi kalori, maka Anda dapat mengurangi porsi makanan lain dalam menu Anda.

Selain itu, banyak juga orang yang beranggapan bahwa buah kurang baik karena mengandung gula. Konsumsi buah secara berlebihan ditakutkan dapat meningkatkan gula darah dan memicu diabetes. Padahal gula yang terdapat dalam buah adalah bentuk fruktosa yang relatif aman untuk dikonsumsi.

Konsumsi banyak buah-buahan kemungkinannya sangat kecil dapat menyebabkan kelebihan fruktosa dan membahayakan tubuh. Jadi, tidak perlu takut untuk mengonsumsi buah dalam jumlah banyak. Meskipun begitu, jangan lupa untuk menyeimbangkan buah dengan menu lainnya karena tubuh tetap membutuhkan karbohidrat, protein, dan juga lemak.