Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki rambut berwarna-warni memang seru. Tapi, ada kalanya beberapa orang akan mengalami alergi akibat pewarna tersebut. Dilansir dari Stylecraze, berikut ini resep alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan alergi akibat pewarna rambut. Mari simak bersama-sama!

Resep Alami Meredakan Alergi Akibat Pewarna Rambut

1. Air Perasan Lemon

Air perasan lemon memiliki sifat antiseptic dan astringen yang cukup kuat. Dua kandungan ini dapat membantu menyehatkan kembali kulit kepala Anda. Tambahan yogurt pada perasan lemon, juga bagus untuk rambut serta kulit kepala. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur satu sendok teh perasan lemon dengan empat sendok makan yogurt. Gunakan sebagai masker hingga merata ke seluruh permukaan kulit kepala dan ujung rambut. Biarkan selama setengah jam, lalu bilas hingga bersih menggunakan shampoo dan air dingin. Lakukan perawatan ini setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu.

2. Jojoba Oil

Stylecraze melansir resep alami selanjutnya untuk meredakan alergi akibat pewarna rambut. Yaitu jojoba oil. Hanya butuh satu sendok makan jojoba oil, panaskan lalu oleskan merata ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Gunakan shower cap selama satu malam, pada pagi harinya, Anda bisa membilas rambut dengan shampoo dan air dingin. Jojoba oil memiliki kandungan yang dapat meredakan kemerahan, iritasi, gatal serta peradangan pada kulit kepala akibat alergi. Ulangi perawatan ini dua sampai tiga kali dalam satu minggu.

3. Baking Soda

Baking soda sangat baik untuk mengatasi berbagai keluhan alergi. Termasuk alergi sebab pewarna rambut. Baking soda dapat meredakan gatal dan peradangan. Campurkan satu sendok baking soda dengan satu sendok air. Campur hingga mengental seperti pasta. Aplikasikan pada kulit kepala dan rambut, diamkan hingga mengering. Setelahnya, Anda bisa membilas rambut menggunakan air hangat. Ulangi satu hingga dua kali dalam satu minggu.

4. Chamomile Oil

Resep alami selanjutnya yang bisa Anda coba membantu meredakan alergi sebab pewarna rambut adalah minyak chamomile. Kandungan pada minyak chamomile sudah dipercaya sejak lama ampuh untuk membantu meredakan peradangan kulit dan gatal. Mengapa tidak mencobanya untuk kulit kepala Anda? Campurkan minyak chamomile dengan es batu. Lalu ratakan hingga ke kulit kepala dan rambut, lalu diamkan hingga mengering. Lakukan hal ini setiap hari.

Meredakan alergi akibat pewarna rambut menggunakan resep-resep alami ini, bisa menjadi referensi perawatan kecantikan yang sederhana dan aman. Mengapa tidak dicoba saja?!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi