Super, 4 Jenis Rempah Ini Ampuh Jaga Kesehatan Otak

kunyit-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi rempah sebagai pilihan makanan atau bumbu alami dalam makanan sehari-hari?

Penggunaan herbal atau rempah di Indonesia tentu sudah menjadi hal yang lumrah, tidak hanya sebagai bumbu masakan, namun juga disebabkan manfaat yang luar biasa pada rempah.

Hal ini membuat penggunaan rempah kemudian mulai banyak dilirik sebagai alternatif jenis herbal untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Selain itu, penggunaan herbal juga mampu memberikan manfaat berupa menjaga fungsi organ tubuh, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan otak.

Manfaat herbal untuk otak

Beberapa jenis herbal memiliki kandungan zat dan gizi yang terbukti sangat baik untuk otak.

Pemenuhan kebutuhan otak akan berbagai jenis zat dan gizi memiliki manfaat berupa:

  • Menjaga fungsi dan kerja otak tetap optimal
  • Meningkatkan ketajaman ingatan dan konsentrasi otak
  • Mencegah berbagai jenis penyakit yang rentan menyerang otak, misalnya alzheimer atau demensia

Kandungan zat yang ada pada herbal, bisa diserap dengan baik oleh tubuh, karena merupakan zat alami, apalagi jika dikonsumsi sebagai pilihan bahan tambahan makanan sehari-hari.

Lantas, apa saja jenis rempah yang bisa menjaga fungsi kerja otak dengan optimal?

Berikut 4 jenis rempah yang bisa menjaga kesehatan otak:

1. Kunyit

doktersehat-kunyit-perut
Photo Credit: Scott Dexter

Tidak hanya memiliki rasa dan warna yang khas, kunyit ternyata memiliki berbagai kandungan gizi dan zat yang baik untuk kesehatan otak.

Konsumsi kunyit yang memiliki sifat antiradang dan kandungan antioksidan yang tinggi, membuatnya mampu menjaga fungsi otak, mencegah dan bahkan mengobati, terjadinya alzhemier.

Hal ini disebabkan kombinasi zat dan antioksidan yang ada pada kunyit, bisa melawan radikal bebas dalam tubuh, selain itu, zat pada kunyit menghambat dan meluruhkan plak pada otak yang akan atau telah terbentuk dan dapat menyebabkan alzhemier.

Tips:
Gunakan kunyit sebagai pilihan bumbu utama masakan, camilan, atau minuman, misalnya susu kunyit.

Konsumsi kunyit sebanyak 2-3 kali dalam porsi kecil hingga sedang secara rutin akan membuat kita merasakan manfaatnya untuk tubuh.

2. Ginseng

Ginseng-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/ Eugene Kim

Ginseng memiliki kandungan zat antiperadangan dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan zat tersebut juga membuat ginseng mampu mendukung fungsi kognitif dan konstentrasi pada otak.

Tips:
Anda bisa memanfaatkan ginseng dengan optimal dengan cara lebih sering menambahknnya pada berbagai masakan berkuah atau mengutamakan konsumsi berbagai camilan yang berbahan dasar ginseng.

3. Daun petereseli

Photo Credit: Pexels.com

Daun peterseli merupakan jenis bumbu yang super sehat dengan kandungan antioksidan jenis flavonoid yang tinggi.

Hal ini membuat konsumsi peterseli memberikan manfaat yang luar biasa dalam pembentukan sel dan neuron baru pada otak. Zat flavonoid pada peterseli, yang disebut apigenin, pada daun peterseli dapat memengaruhi hormon dan membentuk sel neuron otak lebih optimal.

Tips:
Gunakan daun peterseli lebih banyak dalam berbagai masakan, tambahkan dalam sup, salad, atau sebagai bahan campuran jus buah.

4. Gingko biloba

Gingko biloba merupakan jenis rempah yang sudah terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan otak.

Berbagai produk kesehatan sudah sering menambahkan ekstrak gingko biloba untuk memberikan manfaat yang maksimal pada kesehatan otak. Selain itu, ada cukup banyak studi yang menunjukkan bahwa konsumsi gingko biloba pada pasien demensia, memberikan manfaat pemulihan dan kesehatan otak yang cukup baik.

Tips:
Umumnya gingko biloba disediakan dalam bentuk esktrak. Anda bisa mengutamakan memilih produk makanan, minuman, atau suplemen dengan tambahan ginkgko biloba sebagai pilihan utama agar mendapatkan manfaat maksimal dari gingko biloba.