DokterSehat.Com– Kulit yang menjadi organ terluar dari tubuh kerap mengalami kontak langsung dengan bahan-bahan asing. Tentu saja hal tersebut membuat kulit lebih mudah mengalami sejumlah masalah. Salah satunya adalah peradangan kulit yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena peradangan kulit dapat diatasi menggunakan bahan-bahan alami seperti rempah-rempah yang biasa digunakan untuk memasak.

doktersehat-herbal-rempah-cabe

1. Kunyit

Dilansir dari laman Bulletproof, kunyit merupakan rempah-rempah yang sudah sejak lama digunakan dalam metode Ayurveda di India untuk merawat kesehatan kulit. Kunyit sendiri mengandung bahan antioksidan, anti peradangan hingga antibakteri yang ampuh menjaga kulit tetap steril dan terhindar dari peradangan.

2. Jahe

Kandungan antioksidan pada jahe ternyata juga dapat mengatasi masalah peradangan pada kulit Anda. Antioksidan yang bernama 6-gingerol ternyata ampuh dalam mencegah produksi bahan yang bernama peroxynitrite. Peroxynitrit sendiri merupakan bahan yang kerap menyebabkan peradangan pada kulit.

3. Kayu Manis

Rempah-rempah lain yang dapat digunakan untuk meredakan peradangan pada kulit adalah kayu manis. Kayu manis sendiri mengandung cinnamaldehyde yang ampuh mencegah produksi NF-kappaB protein yang menjadi pemicu peradangan pada kulit.

4. Pala

Pala mengandung bahan yang disebut dengan eugenol. Eugenol sendiri merupakan bahan yang mencegah peradangan pada kulit. Bahan satu ini juga bekerja dengan cara mencegah enzim COX-2 yang memicu terjadinya peradangan pada kulit. Kandungan bahan anti radikal bebas pada pala juga menjadikan kulit lebih aman, terutama dari breakout yang menyebabkan peradangan semakin parah.

Bumbu-bumbu dapur di atas rupanya tidak hanya menyedapkan masakan saja. Siapa yang menyangka jika kandungan bahan aktif di dalamnya juga dapat digunakan untuk mencegah peradangan pada kulit. Selain mengonsumsinya, Anda dapat menggunakannya sebagai campuran body mask.