Remaja Suka Minuman Manis? Waspadai Dampaknya Ini

doktersehat-minuman-soda

DokterSehat.Com– Tak sedikit remaja yang menyukai minuman manis. Bahkan, ada juga yang menyukai minuman berenergi. Minuman iniĀ  konon bisa membantu ia tetap kondisi yang bugar saat melakukan berbagai aktivitas. Yang menjadi masalah adalah, minuman ini ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi waktu tidur mereka.

Dikutip dari Health News, kandungan di dalam minuman manis dan minuman berenergi ternyata bisa menurunkan kualitas tidur para remaja dengan signifikan. Kondisi ini tentu akan membuat para remaja ini merasa lesu dan tidak memiliki energi seharian.

Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada. Dalam penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 9.000 remaja dari Ontario, dihasilkan fakta bahwa ada kaitan erat antara minuman berenergi atau minuman manis dengan semakin pendeknya durasi waktu tidur.

Penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Nutrition dan dilakukan oleh mahasiswa dari University of Ottawa, University of Toronto dan University of Ontario Research Institute ini dilakukan dengan cara mencari tahu seberapa banyak konsumsi minuman manis dan minuman berenergi oleh para remaja ini. Mereka diminta untuk menjawab tentang frekuensi minum, jenis minuman, dan ukuran minuman yang dikonsumsi.

Para remaja ini juga kemudian diminta untuk memberitahukan rata-rata waktu tidur malam mereka setiap hari. Hasilnya adalah para remaja yang rutin mengonsumsi minuman manis dalam 7 hari terakhir cenderung memiliki waktu tidur yang pendek.

Kandungan gula yang tinggi ini memang bisa menyediakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, hal ini akan memicu penurunan energi dengan drastis beberapa saat kemudian sehingga akan membuat tubuh merasa kelelahan dan kesulitan untuk tidur.

Tak hanya memicu gangguan tidur, konsumsi minuman manis dan minuman berenergi ini disebut-sebut bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan jantung.

Melihat adanya fakta ini, jangan sering-sering mengonsumsi minuman manis ya?