Cara Relaksasi Tubuh Setelah Berolahraga

doktersehat-tips-fitnes
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Setelah melakukan aktivitas olahraga yang cukup melelahkan, tentunya tubuh Anda akan mengeluarkan banyak keringat, serta jantung akan berdetak lebih cepat. Reaksi tersebut adalah wajar dirasakan setelah berolahraga.

Oleh karenanya, dibutuhkan relaksasi untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk merelaksasi tubuh setelah berolahraga? Berikut penjelasannya.

1. Berendam Air Hangat

Saat berolahraga, seluruh otot-otot di dalam tubuh akan bekerja dengan keras, sehingga Anda akan merasakan nyeri otot dan pegal-pegal setelah selesai berolahraga. Walaupun kondisi tersebut terbilang normal, tapi Anda harus segera mengembalikan dan memulihkan otot kembali, yakni dengan cara berendam air hangat. Air hangat bisa meresap ke dalam kulit, jaringan, dan otot sehingga cocok untuk merelaksasi tubuh. Anda hanya perlu berendam selama 20 menit saja.

2. Spa Kaki

Spa kaki cocok dilakukan untuk relaksasi setelah melakukan jenis olahraga seperti jalan kaki, lari, lompat tali, dan olahraga lainnya yang menggunakan tenaga kaki lebih besar. Cara ini berfungsi untuk membantu melemaskan otot serta mempercepat penyembuhan luka lecet akibat olahraga.

Caranya, Anda hanya perlu menyiapkan air hangat, wadah air, dan garam Epsom. Yang perlu diperhatikan disini adalah jangan menggunakan garam sembarangan, melainkan hanya garam Epsom saja. Sebab, jenis garam ini mengandung campuran elektrolit yang baik untuk jantung, oto, dan saraf.

3. Mengonsumsi Susu atau Es krim Susu

Umumnya, setelah berolahraga Anda akan minum air putih atau minuman isotonik. Ternyata, selain minuman tersebut, Anda bisa minum susu atau es krim rasa susu. Hal ini dikarenakan susu mengandung protein dan sedikit karbohidrat yang bisa mengembalikan sel-sel otot yang rusak, juga bisa memberikan energy yang lebih banyak.