Redakan Nyeri Saat Haid dengan Mengonsumsi Rempah ini!

nyeri-haid-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Saat sedang datang bulan, setiap wanita mengalami perubahan hormon yang menjadikan kondisi tubuhnya tidak stabil. Gelanya bisa ditandai dengan rasa nyeri pada beberapa anggota tubuh, misalnya payudara, panggul, perut, hingga area keintiman. Hal tersebut adalah wajar dan pasti dialami oleh semua wanita. Namun, kadang ada yang mendapatkan nyeri luar biasa sehingga jatuh pingsan karena tidak kuat menahannya.

Photo Credit: pexels.com

Nah, jika Anda termasuk orang yang mendapatkan nyeri luar biasa pada saat haid, ada baiknya Anda mencoba konsumsi jahe. Ya, jahe adalah rempah tradisional yang kaya akan kandungan baik dan dipercaya sangat baik bagi kesehatan seseorang. Saat sedang haid, Anda bisa mengonsumsinya dengan merubah jahe menjadi wedang atau minuman. Apa saja manfaatnya?

Berikut manfaat mengonsumsi jahe saat Anda yang sedang haid:

  • Menghilangkan Nyeri

Dilansir dari laman Stylecraze, nyeri haid muncul karena terjadi kontraksi di dindin rahim. Tingkat nyeri pada setiap wanita berbeda, ada yang merasa biasa saja, ada pula yang merasa nyeri cukup kuat. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi wedang jahe. Dikabarkan jika wedang jahe bisa mengatasi masalah kontraksi tersebut sehingga rasa nyeri perlahan akan menghilang pada masa haid.

  • Membuat Tubuh Bugar

Saat sedang haid, kondisi tubuh wanita akan menjadi lemas dan seakan tak bertenaga. Hal itu dikarenakan jahe kaya akan vitamin C, magnesium, gingerols, shogaols, zingerones, dan berbagai kandungan baik lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan. Jadi, selain membuat tubuh menjadi lebih bubbgar, rutin mengonsumsi jahe juga bisa menambah sistem imun tubuh.

  • Menghilangkan Mual

Gejala ini datang karena adanya fluktuasi hormonal yang terjadi apda sekitar periode menstruasi. Sehingga Anda sering merasa mual dan sampai muntah. Tentu saja hal tersebut cukup menganggu, bukan? Nah, untuk mengatasinya Anda bisa mengonsumsi wedang jahe secara rutin hingga 2 atau 3 kali sehari. Selain itu, jahe akan membuat tubuh Anda terasa hangat sehingga lebih terhindar dari rasa mual.