Rebung Bisa Turunkan Kolesterol?

rebung-doktersehat
Photo Source: http://rickysetiawan96.blogspot.com

DokterSehat.Com– Rebung biasanya dijadikan isian lumpia yang sangat lezat. Tak disangka, dibalik kenikmatan bahan makanan ini, pakar kesehatan menyebut rebung mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dengan efektif. Seperti apakah manfaat rebung bagi kesehatan tubuh kita?

Pakar kesehatan menyebut rebung sebagai bahan makanan yang tinggi kandungan serat. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika serat bisa membantu menstabilkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat di dalam rebung juga akan membuat proses pencernaan makanan menjadi lebih sehat sekaligus mengatasi sembelit dengan efektif. Keberadaan serat ini juga mampu membuat lemak terikat dan ikut terbuang bersama dengan kotoran saat buang air besar.

Kandungan di dalam rebung seperti serat, kalsium, vitamin A, vitamin C, riboflavin, dan zat besi membuatnya sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain itu, tingginya kandungan fosfor dan potasium di dalam rebung juga membuatnya dianggap cocok untuk dikonsumsi mereka yang sering melakukan gaya hidup tidak sehat, khususnya yang makan di waktu yang tidak teratur karena berbagai macam kesibukan.

Kandungan potasium di dalam rebung yang sangat tinggi bisa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus membuat sistem peredaran darah menjadi lebih lancar. Di dalam rebung juga kaya akan kandungan anti oksidan dan anti peradangan yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah datangnya penyakit berbahaya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, dihasilkan fakta bahwa di dalam rebung terdapat kandungan anti kanker. Kandungan anti oksidan di dalamnya yang tinggi juga akan memberikan perlindungan bagi tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya.

Sayangnya, banyak orang yang tidak suka dengan rebung karena aromanya kurang sedap. Untuk mengatasinya, kita hanya perlu mengolahnya dengan cara yang tepat sehingga aromanya bisa menggugah selera. Caranya adalah dengan mencuci bersih rebung, merebusnya dengan air, mengganti air bekas rebusan dan menggantinya dengan air yang baru atau air kelapa. Setelahnya, kita bisa mengolah rebung menjadi bahan makanan yang lezat dan menyehatkan.