Terbit: 23 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seringkali tubuh mengeluarkan reaksi unik ketika sedang melakukan atau mengalami sesuatu, misalnya seperti bulu kuduk akan berdiri ketika sedang merasa geli atau takut. Reaksi tersebut terjadi bukan semata-mata tanpa sebab. Pasalnya ada penjelasan ilmiah yang bisa menjelaskannya secara akurat mengapa reaksi unik pada tubuh tersebut terjadi. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, berikut adalah   beberapa reaksi unik tubuh beserta penjelasannya.

Penjelasan Ilmiah Tentang Reaksi Unik pada Tubuh

1. Perut Bunyi Ketika Lapar

Selama ini Anda menganggap bahwa ketika perut berbunyi, tandanya Anda sedang lapar, bukan? Padahal, perut berbunyi sebenarnya merupakan hasil kontraksi dari perut itu sendiri. Hal tersebut terjadi karena tidak adanya asupan makanan ke dalam perut, sehingga secara refleks perut akan mengirinkan gelombang listrik ke seluruh perut dan usus kecil. Kondisi tersebut yang akirnya membuat dinding perut tertekan dan mengeluarkan suara atau bunyi.

2. Gemetar Ketika sedang Merasa Dingin

Saat Anda merasa dingin, tubuh akan mengeluarkan reaksi unik yakni gemetar. Hal tersebut terjadi karena tubuh sedang berupaya menciptakan rasa panas dalam tubuh dengan menggerakkan otot-otot tubuh Anda. Sebab, tubuh memiliki kemampuan alami untuk selalu menjaga suhu tubuh kita. Oleh karenanya, ketika tubuh Anda gemetar ketika kedinginan, Anda akan merasa lebih hangat.

3. Jari-Jari Mengerut Ketika Direndam di Air

Pernahkah Anda merendam jari-jari di dalam air lalu berubah menjadi mengerut? Hal terseut disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Lapisan kulit akan membengkak saat air mulai meresap ke dalam kulit Anda. Sehingga, membuat saraf kulit Anda membakar muatan listrik dan bahan kimia yang menyebabkan darah menyempit. Tekanan negatif dari pembuluh darah tersebut membuat lapisan kulit menjadi mengerut.

4. Bulu Kuduk Berdiri

Ketika Anda sedang takut atau merasa geli, maka bulu kuduk Anda akan berdiri. Reaksi unik tersebut terjadi karena hormon adrenalin dan hormon stres dalam tubuh dilepaskan sehingga menyebabkan otot-otot kecil di dasar folikel rambut berkontraksi dan membuat bulu kuduk berdiri.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi