5 Cara Mengurangi Rasa Sakit di Vagina Saat Bercinta

nyeri-vagina-saat-bercinta-doktersehat

DokterSehat.Com – Seks seharusnya memberikan rasa nikmat pada kedua belah pihak. Namun, pada kondisi tertentu, seks kerap meninggalkan rasa sakit yang terlalu besar khususnya pada wanita. Rasa sakit pada vagina ini membuat seks jadi tidak nyaman sehingga beberapa wanita tidak menikmati setiap aktivitas sanggama dengan pasangannya.

Nah, kalau wanita terus merasakan sakit saat berhubungan badan, tentu kenikmatan tidak akan didapatkan. Bukan tidak mungkin, seks akan menjadi sesuatu yang mengerikan sehingga wanita kerap ketakutan saat akan melakukannya. Kalau Anda sering merasakan sakit saat bercinta dengan pasangan, turunkan atau hilangkan rasa sakitnya dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Tambah porsi foreplay

Rasa sakit yang muncul pada vagina bisa jadi merupakan kesalahan pasangan sendiri. Saat melakukan seks, mereka tidak melakukan foreplay dengan baik. Bahkan, pemanasan yang penting ini hanya dilakukan ala kadarnya saja. Jangan lakukan foreplay dengan pelukan atau ciuman saja. Tambahkan rangsangan pada kemaluan seperti vagina.

Memberikan rangsangan secara maksimal di vagina bisa membuat wanita siap secara seksual. Vagina akan menghasilkan pelumas dalam jumlah banyak sehingga saat penis masuk tidak akan terlalu sakit. Selama ini penis sering masuk dengan kondisi vagina yang masih terlalu kering sehingga rasa sakit cukup besar.

  1. Ganti posisi seks

Setiap pasangan memiliki posisi yang cocok sesuai dengan ukuran kemaluannya. Misal pada pasangan yang prianya memiliki penis cukup besar, posisi seks dengan penetrasi dalam akan susah dilakukan. Oleh karena itu, berganti posisi seks sangat disarankan untuk mendapatkan yang terbaik dan minim rasa sakit.

Beberapa wanita juga memiliki posisi seks kesukaan karena tidak menyebabkan rasa sakit di vagina. Misal melakukan woman on top alih-alih melakukan posisi misionaris standar karena wanita bisa mengendalikan penetrasinya sehingga tekanan dari penis yang membuat sakit bisa dicegah dengan baik.

  1. Gunakan pelumas tambahan

Ada beberapa alasan mengapa wanita sering merasakan sakit saat berhubungan badan. Pertama karena mereka tidak siap secara seksual sehingga vagina masih terlalu kering. Selanjutnya, wanita mengalami sakit pada vagina karena ada gangguan di organ dalam vagina entah itu rahim, serviks, atau ovarium.

Rasa sakit ini mungkin akan sering muncul setiap melakukan seks. Namun, pada kondisi tertentu, rasa sakitnya bisa diatasi dengan mudah menggunakan pelumas. Saat akan berhubungan badan, gunakan pelumas tambahan yang akan memberikan rasa licin dan nikmat yang besar pada wanita.

  1. Lakukan pengecekan kesehatan vagina

Karena rasa sakit tidak melulu masalah foreplay dan keringnya vagina, pemeriksaan sudah sepantasnya dilakukan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini dari vagina agar tidak ada masalah ya g lebih besar di masa depan. Kalau ada gangguan seperti infeksi hingga yang terparah seperti kanker dan mioma, penanganan bisa segera dilakukan.

Kalau Anda sering mengalami sakit saat bercinta dan terus muncul setiap sanggama dilakukan, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan. Kalau setelah pemeriksaan tidak terjadi apa-apa yang berbahaya mungkin masalah pemanasan, posisi seks, dan hal teknis lainnya yang jadi masalah.

  1. Lakukan seks dengan relaks

Rasa sakit saat seks juga terjadi saat pasangan tidak melakukannya dengan relaks. Padahal seks harus dilakukan dengan relaks. Kalau wanita merasa takut sebelum melakukan seks, mereka akan susah menikmati seks. Otot vagina akan terus mengencang dan rasa sakit yang besar akan sering dirasakan.

Inilah beberapa ulasan tentang seks yang sakit pada vagina dan penyebabnya. Dari beberapa hal di atas, adakah yang Anda alami?