7 Cara Mengurangi Rasa Nyeri Selama Menyusui Bayi

sakit-saat-menyusui-doktersehat

DokterSehat.Com – Nyeri, perih, dan perasaan tidak nyaman lainnya adalah hal yang wajar dari menyusui. Semua ibu yang menyusui akan mengalami meski hanya beberapa saja yang bertahan. Wanita yang tidak tahan dengan rasa nyeri berlebihan lebih memilih untuk memompa payudaranya dan menampung air susu sebelum diberikan kepada buah hati.

Nah, kalau Anda sering mengalami nyeri pada payudara saat menyusui, tapi ingin tetap memberikan susu secara langsung agar kedekatan dengan bayi tidak menurun, lakukan beberapa cara di bawah ini. Dengan melakukan beberapa hal di bawah ini, Anda bisa lebih menikmati proses menyusui dari awal hingga bayi berusia jelang 2 tahun.

  1. Mengurangi pembengkakan di payudara

Saat menyusui, payudara akan menampung ASI sebelum akhirnya diberikan pada bayi. Nah, saat menampung ini, payudara akan membengkak cukup signifikan. Pembengkakan ini terjadi karena susu yang ditampung terlalu banyak. Ibu harus segera memberikannya pada bayi agar tekanan menurun.

Kalau produksi ASI memang terlalu banyak, ada baiknya untuk segera memompanya. ASI yang dipompa ini bisa diberikan dalam jangka tertentu. Daripada ibu terus merasa sakit, ASI bisa dikeluarkan semua atau sebagian.

  1. Mencegah munculnya seriawan

Saat menyusui dan usia bayi terus naik dari waktu ke waktu, kemungkinan terjadi gangguan pada puting akan besar. Gigitan bayi yang kuat dan isapan yang agak kasar membuat puting jadi mengalami iritasi atau seriawan sehingga ada luka yang terbuka.

Sebelum luka terbuka ini muncul, ada baiknya untuk melakukan perawatan. Setelah menyusui, segera bersihkan puting payudara. Lap dengan air hingga bersih lalu keringkan. Pastikan bra juga selalu ganti agar bakteri tidak masuk dan membuat area itu menjadi sangat gatal dan perih.

  1. Menjaga kelembapan dari puting

Puting yang digunakan untuk menyusui terkadang mudah kering dan alami alergi. Agar kondisi ini bisa hilang, gunakan krim tertentu untuk menjaga kelembapannya. Setelah memakai, tunggu beberapa jam lalu bilas dengan air yang bersih agar bisa menyusui kembali.

  1. Menggunakan pompa payudara yang tepat

Pada kondisi tertentu, Anda terpaksa menggunakan pompa bayi agar ASI tidak terbuang percuma. Saat menggunakan pompa payudara, usahakan menggunakan yang ukurannya sesuai. Jangan menggunakan pompa yang terlalu kecil karena bisa membuat payudara jadi tidak nyaman selama pemakaian.

  1. Membersihkan sumbatan di puting

Setelah menyusui, puting payudara akan memiliki sumbatan. Nah, sumbatan yang berupa susu yang mengering ini juga sebabkan rasa sakit. Gunakan air hangat untuk membersihkan sumbatan. Setelah bersih, Anda baru bisa menyusui bayi.

  1. Menggunakan kompres

Kalau payudara terasa sangat sakit dan seperti membesar, segera beri kompres. Anda bisa menggunakan kompres air dingin untuk meredakan rasa sakit. Ambillah kain yang bisa diisi dengan es. Selanjutnya letakkan di atas payudara selama beberapa saat hingga terasa nyaman.

  1. Bra yang digunakan harus mampu menahan payudara

Payudara akan mengalami perubahan baik dari segi ukuran dan juga kekerannya. Selama menyusui, ukuran dari payudara akan naik dan tidak terlalu keras. Kalau wanita tidak mengenakan bra dengan penyangga, organ ini akan terasa sakit karena ada tekanan yang besar di bagian bawah.

Gunakan bra yang cocok untuk menyusui. Bra haruslah yang bisa memberikan sokongan dari bawah. Selain itu, ukurannya juga jangan terlalu kecil karena bisa memberikan rasa tidak nyaman.

Inilah beberapa cara mengurangi rasa sakit dan ngilu selama menyusui. Semoga bisa Anda praktikkan kalau nanti memiliki anak dan ingin memberi ASI eksklusif.