3 Ramuan Sederhana yang Bisa Atasi Keracunan Makanan

doktersehat-mual-muntah

DokterSehat.Com– Ada banyak jenis makanan yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sayuran, buah-buahan, biji-bijan, daging, dan masih banyak lainnya. Namun, tidak semua makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Bagi Anda yang menyukai kuliner atau mencoba jenis makanan baru, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu apakah makanan tersebut aman dan layak untuk dikonsumsi atau tidak? Sebab, tak sedikit orang yang mengalami keracunan akibat makanan yang mereka konsumsi. Gejala keracunan makanan yang bisa dirasakan seperti mual, muntah, diare, pusing, serta gejala umum lainnya.

Jika Anda mengalami keracunan, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ternyata ada beberapa cara ampuh untuk meredakan gejala keracunan makanan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari campuran beberapa jenis makanan. Ramuan tersebut bisa Anda buat sendiri di rumah. Apa saja ramuan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Madu dan Jahe

Kedua bahan alami tersebut kerap dijadikan sebagai ramuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk keracunan makanan. Caranya, campurkan madu dengan 1-2 inci jahe, lalu tambahkan air hangat. Jahe memiliki kandungan gingerol yang memiliki sifat antimikroba yang membantu tubuh menyerap nutrisi penting sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan. Sedangkan madu memiliki peranan penting yakni untuk meredakan rasa mual.

2. Bawang Putih

Tidak hanya berfungsi sebagai penyedap masakan saja, bawang putih juga bisa dijadikan sebagai ramuan herbal untuk mengatasi masalah kesehatan, seperti meredakan gejala keracunan makanan. Kandungan nutrisi pada bawang putih dapat membatu tubuh membersihkan sistem pencernaan. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antiviral, antibakteri, dan antijamur sehingga bagus dikonsumsi saat sedang mengalami keracunan makanan. Anda hanya perlu mengonsumsi satu suing bawang putih segar dan konsumsilah bersama air putih.

3. Pisang

Selain bahan alami seperti madu, jahe, dan bawang putih, ternyata pisang juga bisa ampuh mengatasi gejala keracunan makanan. buah yang kaya akan serat dan potassium ini tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, namun juga bisa mengembalikan energy yang hilang ketika Anda mengalami keracunan makanan.